Menuju Realisasi Konsep Airport City di Indonesia

Senin, 11/06/2012 09:29 WIB

//

Jakarta Bandara saat ini bukan sekedar tempat beroperasinya maskapai penerbangan. Peran bandara telah bergeser menjadi pintu gerbang perekonomian, penunjang kegiatan pariwisata, perdagangan serta simpul dalam jaringan transportasi.

Beberapa bandara kelas dunia berhasil menjalankan peran tersebut dengan menerapkan konsep Airport City, dimana bandara menjadi pusat kegiatan ekonomi terpadu dengan kawasan pendukung di sekitarnya.

Pertanyaannya, kapan giliran bandara Indonesia menjelma sebagai Airport City?

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan populasi penduduk kurang lebih 270 juta saat ini memiliki 233 bandara komersial. 25 bandara dari 233 bandara komersial tersebut dikelola oleh Angkasa Pura I (Persero) dan Angkasa Pura II(Persero). 80% penumpang di Indonesia melewati 25 bandara tersebut. Wajar jika bandara menjadi infrastruktur yang vital bagi sistem transportasi dan perekonomian nasional.

Sesuai dengan Undang-Undang Aviasi terbaru No. 1 Tahun 2009 dan untuk mengintegrasikan pembangunan bandara di Indonesia, maka PT. Angkasa Pura I (Persero) dan PT. Angkasa Pura II (Persero) mempersembahkan Global Airports Indonesia 2012.

Seminar dan pameran industri bandara bertaraf internasional ini akan digelar pada 26 – 27 Juni 2012 di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Puluhan profesional ternama internasional dan Indonesia yang bidang keahliannya terkait dengan topik akan hadir sebagai pembicara seminar Global Airport Indonesia (GAI) 2012.

Beberapa di antaranya adalah: Dr. John Kasarda (Profesor Universitas North Carolina dan penulis “Aerotropolis), Mr. Lee CW (Presiden & CEO Incheon International Airport Korea), Mr. Jeff Scheferman (CEO ADC – Houston Airport System), Bpk. Ir. Ciputra (Legenda Pengembang Real Estate Indonesia) dan Bpk. Emirsyah Satar (Presiden & CEO Garuda Indonesia, Presiden INACA).

Acara yang diorganisir oleh PT Angkasa Pura Supports dan PT Angkasa Pura Property bersama dengan US Commercial ini akan membahas implementasi “Airport City” di Indonesia. Bagaimana mensinergikan semua pihak terkait mulai dari pihak regulator, operator bandara, pemerintah daerah, supplier hingga kontraktor dalam mengembangkan fungsi sebuah bandara untuk merealisasikan konsep “Airport City”.

GAI 2012 merupakan sarana yang tepat bagi semua pihak untuk membangun jaringan bisnis. Inilah kesempatan bagi peserta dari Indonesia untuk bertemu langsung dengan pemain global di industri bandara. Sementara bagi pejabat daerah, GAI 2012 memberikan pengetahuan dan pandangan internasional tentang pengembangan bandara masa depan dari berbagai aspek terkait konsep Airport City.

Bagi manajemen bandara, manajemen industri dan kargo, industri pariwisata serta yang terkait dengan bandara juga tak boleh sampai melewatkan kesempatan bertemu dengan otoritas bandara, regulator bandara dan pemain global lainnya dari industri terkait.

Sementara untuk peserta asing, ini adalah kesempatan unik untuk bertemu dengan operator, regulator dan otoritas bandara Indonesia, sekaligus pemerintah daerah. Momen ini sangat tepat untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan bandara Indonesia dari sumber pertama, juga membuka kesempatan lebar-lebar untuk berinvestasi sesuai UU Aviasi No. 1 Tahun 2009.

Informasi lebih lanjut tentang Global Airports 2012, silakan klik tautan berikut ini http://www.angkasapura-supports.com/GAI2012/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s