17 Siswa Berkebutuhan Khusus Ikut Ujian SNMPTN

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO, Mengecek Lokasi Ujian SNMPTN – Calon mahasiswa mengecek tempat duduk yang akan mereka gunakan saat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) keesokan harinya di Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (11/6/2012). SNMPTN berlangsung serentak selama dua hari ini dan menjadi ajang perebutan kesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi negeri.

JAKARTA, KOMPAS.com – Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 yang masuk dalam kategori berkebutuhan khusus di panitia lokal 30 DKI Jakarta mengikuti ujian di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Rektor UNJ, Bedjo Sujanto, mengatakan dari tahun ke tahun UNJ selalu menjadi tempat untuk digelarnya ujian SNMPTN, terutama bagi peserta yang berkebutuhan khusus. Hal itu dikarenakan UNJ memiliki fasilitas lengkap untuk melayani peserta berkebutuhan khusus secara khusus.

“Kami selalu dijadikan tempat untuk ujian peserta berkebutuhan khusus karena memiliki fasilitas pendukung lengkap dan program studi guru sekolah luar biasa,” kata Bedjo, Selasa (12/6/2012), di Jakarta.

Untuk tahun ini, tercatat ada 17 peserta berkebutuhan khusus yang mendaftar ujian tulis SNMPTN. Akan tetapi, dari pantauan Kompas.com, hanya 15 peserta yang datang dan mengikuti ujian hari ini.

Sesuai standar operasionalnya, peserta berkebutuhan khusus tidak diberikan naskah soal dalam bentuk Braille. Akan tetapi, pelayanan khususnya diberikan melalui 2 pendamping kepada masing-masing peserta ujian tulis. Seorang pendamping bertugas membacakan soal, dan seorang lainnya membantu peserta memondahkan jawaban peserta ke lembar naskah jawaban.

Waktu pengerjaan soal untuk peserta berkebutuhan khusus juga dibedakan. Jika waktu normalnya 120 menit, maka peserta berkebutuhan khusus disediakan waktu 30 menit lebih lama. Setelah hari ini, ujian tulis akan digelar sampai besok, Rabu (13/6/2012).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s