Kenyamanan Toyota Prius Generasi Kedua

detail berita

F: Toyota Prius lewati genangan air (Aditya M/Okezone)

 

KARAWANG – Toyota berhasil menjadi salah satu produsen mobil di dunia yang memiliki kendaraan hybrid terbaik. Di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai mengkampanyekan mobil hybridnya di Indonesia.

TAM menggelar workshop Pengenalan Teknologi Hybrid Toyota, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2012). TAM juga menyediakan lima kendaraan Toyota Prius Hybrid generasi kedua yang bisa digunakan untuk melakukan test drive di Bridgestone Proving Ground Indonesia, di Karawang.

Beberapa jurnalis media nasional disertakan TAM untuk menjajal Prius Hybrid. Kesempatan diberikan kepada jurnalis untuk merasakan akselerasi, efesiensi bahan bakar serta kesenyapan di dalam kabin Toyota Prius.

Okezone juga mendapat kesempatan emas ini untuk merasakan bagaimana mengemudi mobil hybrid Toyota Prius. Mesin dihidupkan, dan tuas persneling otomatis digeser dari posisi N ke posisi Drive.

Awak media didampingi oleh seorang teknisi ahli kendaraan hybrid TAM. Dengan perlahan pedal gas mulai diijak dan mengikuti instruksi apa yang telah disampaikan oleh instruktur.

Toyota Prius Hybrid generasi kedua dengan mesin bensin 1.5-liter, tipe sistem hybrid Series dan Paralel Hybrid. Sistem ini merupakan penggabungan tenaga motor bensin dan listrik ke roda dan dapat juga menggerakan kendaraan hanya dengan motor listrik saja.

Di awal berkendara, mobil ini mengandalkan motor elektrik saja sampai kecepatan 40km/jam. Secara perlahan pedal gas mulai diinjak, dan sistem kerja kendaraan ini memasuki sistem normal. Tenaga yang hadir adalah perpaduan antara motor listrik dan mesin dan secara otomatis baterai akan mengisi secara otomatis.

Sementara pada saat mobil diajak berakselerasi, sistem yang bekerja adalah perpaduan motor listrik dan bensin. Pengisian baterai akan terbuang karena pedal gas diinjak untuk mendapat kecepatan tinggi. Namun pada saat kecepatan menurun, baterainya secara otomatis akan terisi kembali sampai pedal gas kembali di pijak. Akselerasi trek lurus dengan jarak 200 meter, berhasil mencapai kecepatan 120km/jam.

“Ini merupakan cara kerja kendaraan hybrid di Toyota atau dikenal dengan sebutan nama Toyota Hybrid System (THS) dan semua kendaraan Prius dari generasi pertama hingga kedua telah menggunakan sistem hybrid series dan paralel,” beber Muhammad Adam, Training Teknis Departement Toyota Astra Motor (TAM), saat menjadi instruktur di acara test drive Prius di Karawang.

Sayangnya, pada sesi ini hanya diberi kesempatan satu lap. Dan kesempatan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengetahui kelebihan kendaraan hybrid ini. Kesenyapan dirasakan di kabin belakang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s