Bank Mandiri Ingin Perbesar Kredit Retail

Ilustrasi. (Foto: Corbis)

Ilustrasi. (Foto: Corbis)
JAKARTA – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) berupaya meningkatkan portofolio kredit ritel dalam upaya menyiasati penurunan marjin bunga bersih (Net Interest Margin/NIM). Perseroan menilai marjin di segmen ritel cukup menjanjikan dalam meningkatkan pendapatan bunga bersih.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, dari sisi strategi secara perlahan kita akan mengubah komposisi portofolio yang lebih besar dari korporasi ke ritelloan. Zulkifli menilai, marjin bunga bersih (NIM) mengalami penurunan seiring dengan adanya penurunan yield obligasi rekapitulasi. Ditambah lagi dewngan penurunan suku bunga kredit yang terlihat dari suku bunga dasar kredit (SBDK).

“Jadi walaupun SBDK turun, tapi karena komposisi kredit akan berubah lebih banyak ke ritel, pendapatan bunga bersih akan naik. Itu yang akan membuat penerimaan bunga kita meningkat,” ujarnya di Jakarta.

Selain itu, untuk tetap mendongkrak perolehan laba, perseroan tetap berupaya mendongkrak fee based income, rasio pinjaman terhadap simpanan (LDR) dan raihan dana murah atau CASA (giro dan tabungan).

Per akhir tahun 2011, posisi NIM Bank Mandiri sendiri tercatat mengalami penurunan menjadi 5,11 persen dibanding posisi akhir tahun 2010 sebesar 5,28 persen. Khusus kredit ritel tercatat mencapai Rp11,7 triliun pada akhir tahun 2011, naik 62,1 persen dari tahun 2010 sebesar Rp7,3 triliun. Sebagai perbandingan, kucuran kredit korporasi sebesar Rp106,3 triliun, naik 24,5 persen dari Rp85,4 triliun.

Porsi kredit ritel sendiri terhadap total kredit baru sebesar 4,2 persen, sementara kredit korporasi sebesar 38,8 persen. Adapun total kredit perseroan di luar anak usaha mencapai Rp273,9 triliun, meningkat naik 25,06 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp219 triliun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s