Akbar: Kritik Masyarakat Itu Wajar, Jangan Dianggap Makar

Akbar Tandjung (kiri) dan Suryadharma Ali (kanan) (foto:Heru/okezone)

Akbar Tandjung (kiri) dan Suryadharma Ali (kanan) (foto:Heru/okezone)

JAKARTA – Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, Akbar Tanjung menjelaskan kenaikan harga BBM yang akan diajukan pemerintah tidak bisa menggulingkan pemerintahan SBY, namun mantan Ketua DPR ini memaparkan hal-hal yang dapat menjatuhkan pemerintahan SBY.

Akbar juga menyatakan sangat tidak relevan antara kebijakan pemerintah yang ingin menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), dengan isu makar atau penggulingan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Saya pikir tidak relevanlah ya, jika berbicara tentang makar itu, karena kita semua mengetahui jika pemerintah dalam mengambil suatu langkah-langkah ada masyarakat yang mengkritisi kebijakan pemerintah dan dalam negara demokrasi itu wajar saja,” jelas Akbar kepada wartawan di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Kamis malam.

Mantan Ketua Umum Golkar ini pun menyampaikan jangan sampai jika ada orang yang mengkritisi kebijakan pemerintah dikesankan, seolah-olah ingin melakukan makar.

“Itu artinya adalah kita tidak menghormati sistem demokrasi yang memungkinkan orang beda pendapat. Kita juga memahami sistem pemerintahan presidensil di mana yang kita anut saat ini, masa jabatan presiden itu adalah fiks lima tahun,” lanjutnya.

Terkecuali, ditegaskannya, kalau seorang presiden melakukan berbagai kesalahan fatal dan melanggar sumpah jabatannya. Presiden tidak bisa diganti, kalau seorang presiden mengambil langkah kebijakan terlepas kebijakan itu katakanlah tidak diterima oleh masyarakat.

Tapi, lanjut Akbar, itu tidak bisa dijadikan alasan dasar mengganti presiden. Kecuali kalau presiden itu melanggar hukum, melakukan tindakan penyuapan, melakukan tindakan tercela, atau melanggar sumpah, baru bisa diganti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s