Apa Pentingnya Teras dalam Hunian?

shutterstock

Teras bisa berada di samping rumah, belakang, menjadi perantara antar ruang di dalam rumah, bahkan di atas atap.

 KOMPAS.com – Teras rumah sebagai ruang perantara sebelum masuk ke ruang tamu, mengalami banyak pergeseran akibat meningkatnya kebutuhan ruang dan gaya hidup. Apakah masih penting keberadaan teras?

Dalam kebutuhan ruang dewasa ini, fungsi teras bisa beralih sebagai ruang tamu itu sendiri. Bukan lagi sebagai elemen pelengkap, kini orang banyak mendekorasi teras rumah dengan konsep multifungsi.

Jika dahulu, keberadaan teras identik terletak di depan rumah, kini lain lagi. Teras bisa berada di samping rumah, belakang, menjadi perantara antar ruang di dalam rumah, bahkan di atas atap. Bila berada di depan, teras dapat sebagai area peralihan. Sementara di lokasi lainnya, teras menjelma menjadi tempat rekreasi keluarga.

Namun, karena bisa terletak di beberapa lokasi bukan saja di muka rumah, teras tak lagi menjadi area yang dapat diakses terbuka. Kadang, untuk menutupi aktivitas personal maka teras diberi sekat berupa tanaman untuk memberi kesan samar-samar.

Awalnya, teras menjadi area penahan paparan panas di rumah-rumah beriklim tropis. Fungsi lainnya juga sebagai penahan air hujan. Namun, bila keberadaanya bukan di depan, maka dua fungsi ini tidak terpenuhi.

Namun demikian, kerena kebutuhan ruang meningkat serta gaya hidup perkotaan, maka keadaan ini bisa disiasati lewat desain bangunan. Maka, kini, bila kembali pada pertanyaan apakah keberadaan teras penting atau tidak, jawabnya kembali pada kebutuhan Anda masing-masing. Apakah fungsinya sebagai tempat berinteraksi, ruang multifungsi, atau sekedar area transisi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s