KPK Didesak Periksa Wali Kota Manado Terkait Korupsi

ilustrasi (okezone)

ilustrasi (okezone)

JAKARTA – Puluhan orang yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia (AMTI) menggeruduk gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan mereka bertujuan melaporkan Wali Kota Manado Vicky Lumentut atas dugaan korupsi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

AMTI mencatat sejumlah kasus dugaan korupsi yang diduga melibatkan Wali Kota Manado, antara lain pada penyelewengan dana Rp1 miliar di Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado pada 2011 lalu.

“Korupsi ini diketahui karena telah terjadi pencairan dana untuk pihak ketiga sebagai pelaksana proyek. Kami menduga pencairan dan penggelapan dana tersebut atas sepengetahuan Walikota,” kata Ketua Umum AMTI, Tommy Turangan usai melapor ke bagian Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2012).

Selain itu, Vicky juga diduga terlibat korupsi pada tender proyek rehabilitasi ruang kerja wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado dengan biaya Rp1,6 miliar. “Pelaksanaan proyek tanpa melalui tender,” imbuhnya.

Tak hanya itu, AMTI juga mengadukan Vicky atas dugaan korupsi pelaksanaan tender sejumlah proyek pada tahun anggaran 2011. “Tindakan ini sarat dengan korupsi karena Wali Kota menggunakan jabatannya untuk memperkaya diri sendiri dan keluarga,” pungkasnya.

Mereka pun mendesak agar KPK segera memeriksa Wali Kota Manado yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Utara (Sulut) itu. “Kasus yang diduga melibatkan Wali Kota harus segera dituntaskan,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s