Vladimir Putin Terpilih sebagai Presiden Rusia

Vladimir Putin (Foto: Telegraph)

Vladimir Putin (Foto: Telegraph)
 MOSKOW – Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin berhasil memenangkan pemilihan Presiden Rusia setelah pengumuman hasil pemungutan suara pada Minggu, (4/3/2012). Putin pun menangis menyambut kemenangannya itu.

“Saya berjanji Kita akan menang. Kini Kita sudah menang. Kejayaan bagi Rusia,” ujar Vladimir Putin yang terlihat didampingi Presiden Rusia Dmitry Medvedev di hadapan puluhan ribu pendukungnya seperti dikutipReuters, Senin (5/3/2012).

Namun kemenangan Putin ditanggapi sinis oleh sejumlah lawan Putin yakni Gennady Zyuganov dari Partai Komunis Rusia, Vladimir Zhirinovsky dari ultra-nasionalis, pengusaha Mikhail Prokhorov, yang maju sebagai calon independen, serta mantan ketua parlemen Sergey Mironov. Dari kelompok berhaluan tengah-kiri, Partai Keadilan Rusia, menuding pemilu penuh kecurangan oleh kubu Putin.

“Partai Kami tidak akan mengakui hasil pemilu ini. Pemilu ini tidak sah, tidak jujur, dan tidak transparan,” ujar Gennady Zyuganov dari Partai Komunis Rusia.

Menanggapi berbagai upaya mendeskreditkan kemenangan dirinya, Putin mengatakan upaya itu tidak berhasil karena rakyat Rusia telah bersatu.

“Saya mengecam upaya untuk menghancurkan Rusia dan merebut kekuasaan. Rakyat Rusia hari ini telah menunjukkan bahwa skenario itu tidak berhasil,” ujar Putin.

Tudingan terkait kecurangan pemilu juga dibantah seorang mantan mata-mata Rusia. Dia menegaskan kemenangan Putin bersih dengan perolehan suara hampir mencapai 65 persen.

Berbagai kalangan yang tidak puas dengan hasil pemilu mengungkapkan mereka akan melakukan aksi protes menentang hasil pemilu pada hari ini. Aksi ini diklaim yang terbesar sejak Putin naik ke tampuk kekuasaan 12 tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s