Peta Bencana Perlu Dipunyai Setiap Daerah

Liputan6.com, Jakarta: Berbagai bencana alam di Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa. Rata-rata dari tahun 2002 hingga sekarang, telah lebih 50 persen kejadian bencana terjadi di Pulau Jawa. Demikian hasil penelitian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai kerentanan wilayah Pulau Jawa sebagai daerah rawan terkena bencana di Indonesia.

Penelitian ini juga menyimpulkan agar setiap kabupaten/kota terutama yang berada di Pulau Jawa diminta segera membuat peta bencana. “Peta bencana diperlukan untuk mengetahui detail bahaya di berbagai daerah, sehingga dapat meminimalisasi risiko (bencana) terburuk,” ujar juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho, belum lama ini. Ini juga sangat penting untuk mendeteksi potensi bencana di tiap daerah.

BNPB sudah membuat peta bencana yang berskala nasional, tapi menurut Purwo, pemerintah dari masing-masing daerah yang kini harus merincinya. Sayangnya, pemerintah daerah sering mengabaikan kebutuhan penyusunan peta bencana. Ia mengungkapkan, saat ini masih banyak pula daerah yang tidak memiliki BPBD untuk mengelola teknis kebencanaan.(NatGeo/ADO)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s