KPK Janji Usut Kasus Wisma Atlet dari Hulu Sampai Hilir

Bambang Widjojanto (Foto: Runi/Okezone)

Bambang Widjojanto (Foto: Runi/Okezone)

JAKARTA – Meski terus menuai kritik soal kemungkinan perkara suap wisma atlet hanya selesei hingga Angelina Sondakh, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) optimistis kasus ini akan diseleseikan secara tuntas.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menegaskan, pihaknya akan mengusut kasus ini dari hulu hingga hilir, seperti kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran oleh Departemen Dalam Negeri.

Berikut petikan wawacara dengan Bambang Widjojanto usai menghadiri acara workshop Komisi Pemberantasan Korupsi di Hotel Ibis, Jakarta Barat, Kamis, (16/2/2012) malam.

Klarifikasi Anda soal tudingan sering memotong keputusan Ketua KPK Abraham Samad?

Dari mana bisa mengatakan itu. Jangan memprovokasi ya. Enggak lah. Anda kan bisa lihat, saya ini dosen, praktisi dan punya aktivisme. Saya ingin profesional, karena KPK lembaga yang harus dijaga.

Saya kasih contoh, ketika dakwaan kepada Muhammad Nazaruddin pertama kali dirumuskan, apa kata lawyer, dakwaan ini tidak mencakup semua, dakwaan ini rendah, dan macam-macam. Dari situ kami bisa buktikan ke yang lain-lain. Kalau Anda ngomong A to Z tapi Anda tidak bisa buktikan itu susah. Tapi, kalau A to B, bisa menjelaskan B,C, D, E, sampai Z itu malah bagus.

Dari keterangan saksi Rosa, Yulianis, dan Furi, bisa menjelaskan (keterlibatan Nazar). Anda tidak tahu bahwa saksi diteror luar biasa. Kalau mereka sampai tidak mampu menjelaskan, habis kasus itu. Ternyata sekarang besar.

Tapi tuntutan publik, hari ini ditangkap A, B, C, D. Enggak bisa begitu bos. Itu enggak profesional. Tapi, saya jamin begini, ingat kasus Dankar, ini kan sampai ke hulu, meski lama banget. Mudah-mudahan KPK sekarang tidak selama ini. Ada metode yang kita siapkan. Misalnya ketika pemeriksaan Yulianis, Rossa dilakukan, tim penyelidik dan penyidik yang berkaitan dengan kasus itu juga mengikuti.

BBM Angie dengan Rosa hilang dari BAP?

Saya bisa pastikan bahwa itu tidak dihilangkan dari BAP. cuma kalau tidak ada konteks Angie sebagai tersangka, mau ngapain ditaruh di situ.

Dalam kasus Wisma Atlet, I Wayan Koster dicegah tapi tidak jadi tersangka?

Emang kenapa? enggak boleh? Baca Undang-undang KPK. penyelidikan, penyidikan, penuntutan boleh dikakukan pencegahan. Bahkan, penyadapan boleh dilakukan. Kalau itu kewenangan KPK so what? (Soal tersangka) Ada strategi, jangan kalap begitu. Di KPK, semua cuma 700 orang, disuruh selesaikan masalah Indonesia. mencaci-maki kita pula.

Bisa dijelaskan alasan KPK menggunakan pasal pencucian uang untuk Nazar?

Tindak Pindana Pencucian Uang itu menjadi bagian dari strategi konstruksi hukum yang mau dikembangkan KPK. Ada dasar hukumnya. Di Undang-undang Tindak Pidana Korupsi, salah satu kewenangan KPK adalah bisa menggunakan UU TTPU yang tingkat crimenya dari korupsi.

Kita akan uji coba dalam kasu MNZ (Muhammad Nazaruddin). Kami mempunyai indikasi-indikasi kuat pelanggaran TTPU itu terjadi. apakah kasus-kasus (TPPU) selain PT Gaaruda ada, saya tidak bisa sebut sekarang. Saya juga tidak mau mengatakan kasus PT. Garuda masuk di situ. Supaya ada misteri sedikitlah.

Dua pegawai CIMB juga diperiksa. Apa ada dugaan praktek cuci uang Nazar selain di PT Garuda?

Saya ingin menjawab begini, KPK ingin menggunakan TPPU sebagai instrumen. bisa saja kasus-kasus menyangkut TPPu bisa kita kembangkan. tapi kan kita tidak bisa sebut sekarang. kalau sebut sekarang, nanti besok tidak ada berita lagi.

Soal Century, perkembangan terakhir?

Ekspose yang dilakukan KPK itu masih tahap awal. Kalau pimpinan sudah melakukan judgement, maka harus dilengkapi pemahaman utuh atas fakta dan barang bukti. Dalam poin empat surat yang diajukan pimpinan KPK ke dewan, kami perlu pendalamanan lebih lanjut. Tapi yang menarik, Tim Pengawas DRP RI menyetujui proses dan progres pelaksaan yang dilakukan KPK.

Kesepakatannya, kita akan memberikan progres tiap dua sampai tiga bulan sekali. Itu kan bisa dikirim (ke timwas), kita tidak perlu ke dewan. Nanti kita akan undang timwas ke KPK Supaya independensi bisa dijaga. Mereka juga ingin menjaga independensi. Menurut saya itu bagus. saya mengapresiasi timwas tidak mau melakukan intervensi dan tidak mau dipersepsikan melakukan intervensi.

Pimpinan KPK menyatakan selambat-lambatnya akhir tahun 2012 itu sudah bisa diselesaikan. Sekarang sudah dilakukan penyelidikan. Apakah penyelidikan dilanjutkan atau tidak, sudah ada kata putus, mudah-mudahan akhir tahun. kita akan coba, kalau bisa cepat lebih baik.

Kemarin kami minta di depan DPR, supaya anggota BPK bisa memberi keterangan dalam proses pemeriksaan (Century) di KPK. Jadi kita bisa pakai dalam berita acara. Kami juga sepakat untuk mengundang ahli dari praktisi dan akademisi yang independen, untuk memberi pendapat. Kalau bisa KPK mengundang ahli yang belum terlibat pro-kontra di situ (waktu dimintai pendapat DPR). Jadi mungkin keahliannya itu bisa objektif.

Bagaimana rencana KPK akan membangun penjara khusus koruptor?

Ada kebutuhan bagi KPK untuk mempunyai Rumah Tahanan pembantu. Ada saksi, pelapor atau mungkin aspek yang perlu dilindungi. Dalam kasus yang berkaitan dengan KPK yaitu saksi-saksi kunci yang mampu menjelaskan dan memberi keterangan untuk membongkar seluruh kejahatan. KPK bekerjasama dengan LPSK apa yang disebut dengan safe haouse.

Kejahatan-kejahatan yang terorganisisr hanya bisa dibongkar,jika bagian dari kejahatan itu memberi keterangan yang terjadi, seperti Rosa, yulianis. inilah yang disebut dengan justice collaborator (pelaku yang mau bekerjasama). Dari bukan pelaku disebut Whistle blower. Itu yang penting, yang kedua, kasus yang terjadi di sidak wamen itu menjelaskan masih perlu peningkatan kapsitas dan akuntabilitas di Lembaga Permasyarakatan.

Rutan itu sudah ada?

Sudah ada ruangannya. Tapi, ini perlu aprove sudah cukup solid atau belum, apa yang perlu ditambah lagi. Antara safe house dan penjara anti koruptor mesti beda. Kalau safe house tingkat kenyamanannya harus lebih baik, tapi kalau koruptornya ya minimun atau maximum securitynya harus lebih kuat. kami sudah ada beberapa ruangan, cuma perlu semacam otorisasi sistem. tinggal menyempurnakan.

Apa alasan KPK menggandeng BPKP meningkatkan koordinasi supervisi anti-korupsi?

Kegiatan ini menjadi bagian strategis KPK, karena koordinasi supervisi kerjasama dengn BPKP ini yang terbesar, mencakup 33 provinsi. Yang hadir ada 100 orang lebih. Ini dikonsentrasikan di isu anggaran APBD, karena sumber kebocoran daerah ada di situ.

Isu pengadaan barang dan jasa, karena 40 persen apbd ada di pengadaan barang dan jasa. APBD-APBD yang dikirim di atas 600 trilyun. Nah, (kegiatan) itu jadi trategis. Dengan begitu kita bisa mengontrol potensi korupsi yang terjadi di daerah. Kita di KPK mengetahui pemberantasan korupsi selalu ada masalah. Tapi kita ingin mengatakan tidak ada problem dengan masalah. Tugas pimpinan itu kan keluar dari masalah, mengajukan solusi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s