Dicopot, KPK Kembalikan Direktur Penyidik ke Polri

Gedung KPK (foto: Heru Heryono/okezone)

Gedung KPK (foto: Heru Heryono/okezone)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengembalikan Direktur Penyidikan (Dirdik) Brigjen Pol. Yurod Saleh ke institusi asalnya Markas Besar Kepolisian RI.

Namun, Juru bicara KPK, Johan Budi, mengatakan hingga saat ini, Yurod Saleh masih berkantor di komisi yang dipimpin oleh Abraham Samad tersebut.

“Saya belum bisa memastikan kapan Yurod akan meninggalkan KPK,” kata Johan Budi saat dihubungi, Senin, 5/3/2012.

Belum jelas betul alasan di balik pengembalian Yurod ke institusi lamanya itu. Johan sendiri belum bisa memastikan apa pertimbangan KPK mencopot Yurod. “Saya belum terima informasi soal ini,” kata Johan.

Selain Yurod, Johan mengatakan ada sejumlah penyidik yang akan dikembalikan ke Mabes Polri. Namun, ia belum jelas berapa dan kapan mereka akan dikembalikan.

Terpisah, Komjenpol Sutarman, selaku Kabareskrim Mabes Polri saat dimintai keterangan oleh wartawan mengaku tidak tahu-menahu perihal sebab pengembalian Yurod tersebut.

“Kalau ditanya dasarnya saya tidak menegerti, karena saya hanya menerima,” tutur Sutarman kepada wartawan di DPR, Senin (05/03/2012).

Sutarman tidak mempermasalahkan apa dasar KPK mengembalikan Yurod. Menurut pengakuannya, sampai saat ini Polri dan KPK juga masih tetap memiliki hubungan yang baik.

Ada dugaan, pengembalian Yurod ke Polri, lantaran
dia dinilai memiliki kedekatan yang lebih dengan M. Nazarudin, tersangka kasus suap Wisma Atlet Palembang yang saat ini sedang ditangani KPK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s