Unik, Pelajar Solo Kenakan Pakaian Tradisional Tiap Kamis

Siswa SMP 1 Solo gunakan pakaian tradisional (Foto: Septyantoro/Sindo TV)
Siswa SMP 1 Solo gunakan pakaian tradisional (Foto: Septyantoro/Sindo TV)

SOLO– Kreasi Kota Solo untuk melestarikan budaya terus digalakkan. Setelah mewajibkan para PNS berpakaian tradisional, kini Pemerintah Kota Solo menerapkan hal serupa sampai ke tingkat sekolah.

Namun tidak setiap hari para siswa dan siswi menggunakan pakaian tradisional, Pemkot Solo hanya menerapkan setiap hari Kamis.

Seperti di SMP 1 Solo misalnya, sekolah telah melaksanakan kebijakan mengenakan beskap dan mengenakan kebaya. Hampir seluruh siswa telah mengenakan pakaian ini, meski demikian ada beberapa yang belum menenakan karena belum selesai dijahit, Kamis (1/3/2012).

Sedikitnya ada 550 pelajar di SMP 1 Solo yang sudah mengenakan pakaian tradisional jawa. Untuk murid laki laki mengenakan beskap landung atau beskap tanpa keris, sedangkan untuk murid wanita mengenakan kebaya tanpa sanggul.

Meski harus mengenakan kain jarik batik, namun keceriaan serta aktifitas para pelajar nampak tidak terganggu. Mereka terlihat tetap nyaman   mengikuti proses belajar mengajar maupun bermain main pada saat istirahat.

Asna siswa kelas 7 mengaku, mengalami kesulitan namun bukan halangan. Ssedangkan Sendy mengaku, agak terganggu karena butuh waktu untuk memakai pakaian ini.

Kepala Sekolah SMP 1 Solo, Sri Suwartinah, mengatakan kebijakan mengenakan pakaian tradisional ini ternyata memiliki nilai nilai positip untuk pengembangan kesopanan para murid.

Kebijakan Pemerintahan Kota Solo memang menjadi salah satu jalan  mewujudkan obsesi Kota Solo masa depan adalah Kota Solo masa lalu. Agenda agenda budaya tradisi menjadi salah satu perhatian penting  bagi kota budaya ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s