jakarta mengalami mendung lagi,….

KOMPAS/LASTI KURNIAAwan mendung dan angin merayap di langit Jakarta, Jumat (6/1/2012). Potensi hujan deras disertai angin kencang masih menghantui Jakarta hingga akhir musim hujan selesai. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrim dan puncak hujan di wilayah DKI Jakarta masih berlangsung hingga Maret 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki bulan Maret, hujan masih mengguyur berbagai wilayah di Indonesia termasuk Jakarta. Bahkan di awal Maret ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan bahwa hujan akan terus mengguyur Jakarta dari siang hingga malam hari.

Kepala Sub Bidang Meteorologi BMKG, Hari Tirto Jatmiko, mengatakan, sepanjang hari ini Jakarta akan terus diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang. Begitu juga dengan wilayah sekitar Jakarta seperti Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi juga akan terus diguyur hujan sepanjang hari ini.

“Hingga esok diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih mengguyur wilayah Jabodetabek,” kata Hari ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (1/3/2012).

Dia mengatakan, permasalahan cuaca ini tidak dapat dikaitkan dengan bulan karena prakiraan cuaca ini lebih bersifat harian. Berdasarkan pengamatan tersebut, pada bulan Maret ini potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan mengguyur Jakarta dan sekitarnya.

Terkait dengan potensi banjir di Jakarta, dia mengimbau pada warga Jakarta untuk tetap waspada mengingat intensitas hujan terbilang relatif tinggi. “Kewaspadaan perlu. Karena beberapa daerah dan Jakarta salah satunya yang berpotensi terjadi genangan,” ujar Hari.

Berdasarkan pantauan tinggi muka air di beberapa pintu air, sebagian besar masih berada di posisi siaga IV. Namun di beberapa pintu air, seperti Katulampa, Manggarai, Pasar Ikan, Karet dan Pesanggrahan posisinya hampir memasuki posisi siaga III.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s