Hatta Ucapkan Sumpah di Depan Presiden

Haryanto/ Presidensby.infoPresiden SBY melantik dan mengambil sumpah Hatta Ali sebagai Ketua MA periode 2012-2017 di Istana Negara, Kamis (1/3/2012) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2012-2017, Hatta Ali, mengucapkan sumpah di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3/2012). Pada Kamis ini, Hatta resmi menggantikan Harifin Tumpa, yang pensiun pada 1 Maret 2012.

Sebagai pucuk pimpinan MA, Hatta berjanji akan memenuhi harapan masyarakat yang mencari keadilan. Pertama, Hatta mengatakan akan menyelesaikan tunggakan perkara.

“Kita akan menggerakkan semua potensi yang ada (untuk menyelesaikan tunggakan), mulai dari hakim agung sampai para panitera pengganti,” kata Hatta kepada para wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/3/2012).

Hatta juga menyoroti kualitas dan integritas hakim-hakim. Hatta mengatakan akan meminta seluruh hakim dan aparat pengadilan agar tak bermain-main dalam penuntasan perkara. “Jangan memperdagangkan perkara. Kalau masih melakukannya, mereka akan ditindak,” tegasnya.

Dirinya juga berjanji akan melakukan penertiban di dalam lingkungan MA. Kendati mengatakan hal tersebut tidak mudah, dirinya tetap optimistis. MA dikatakan akan semakin baik setiap tahunnya. Hatta terpilih dalam rapat paripurna khusus pada 8 Februari 2012.

Hatta mengalahkan empat kandidat lainnya, yaitu Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial Ahmad Kamil, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Abdul Kadir Mappong, Ketua Muda Tata Usaha Negara Paulus Effendi Lotulung, serta Mohammad Saleh. Pada pemilihan itu, Hatta, yang menjabat Ketua Muda Bidang Pengawasan Mahkamah Agung, berhasil mengantongi 28 suara dari total 54 suara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s