berita bola hhari ini

Barca Akan Hati-hati di Leg Kedua

Rabu, 15 Februari 2012 09:10 wib
Pep Guardiola.(foto:Daylife)

Pep Guardiola.(foto:Daylife)
LEVERKUSEN – Untuk pertama kalinya, di bawah pelatih Pep Guardiola, Barcelona mengemas kemenangan di leg pertama 16 besar. Jalan Barca di 16 besar edisi Liga Champions kali ini mungkin akan lebih mulus dari sebelumnya.

Di musim 2010-2011 lalu, Barca harus menyerah 2-1 di tangan Arsenal, meski akhirnya mereka lolos ke perempat final setelah ganti menumbangkan The Gunners 3-1 di Camp Nou.

Di musim sebelumnya, Barca hanya imbang 1-1 di kandang Stuttgart, beruntung leg selanjutnya menjadi milik Barca. Lionel Messi dkk menghantam wakil Jerman itu 4-0. Musim 2008-2009, pasukan Pep Guardiola juga tak sukses menggasak Lyon di kandangnya karena bermain imbang 1-1. Tapi di leg kedua, Barca baru bisa menunjukkan superioritasnya, menekuk tim tamu dengan skor 5-2.

Rekor ini nyaris terulang di BayArena, saat babak pertama, Leverkusen menumpuk 10 pemainnya di belakang untuk membendung serangan Fabregas dkk. Taktik ini relatif jitu, setidaknya mesin gol Barca baru bisa berproduksi empat menit menjelang bubar babak pertama.

Werkself, julukan Leverkusen, sempat menyamakan kedudukan beberapa menit saat babak kedua berjalan, tapi Barca semakin menemukan ritme permainan untuk mengobrak-abrik pertahanan tuan rumah yang bermain lebih menyerang di babak kedua.

“Kami puas dengan hasil yang kami dapatkan hari ini, kami memiliki kesempatan bagus di leg kedua. Kami tahu klub Jerman ini memiliki karakter memainkan bola-bola panjang, mereka memanfaatkan tinggi badan dan Leverkusen bermain ke luar di babak kedua, dan kami tahu kami harus hati-hati di leg kedua,” kata Pep Guardiola dikutip FIFA.

Selanjutnya, Barca akan menjamu Leverkusen pada leg kedua 8 Maret 2012, di Camp Nou, empat hari setelah menjamu Sporting Gijon di ajang La Liga.

Wilshere Kembali Bulan Depan

Rabu, 15 Februari 2012 09:09 wib
Jack Andrew Gary Wilshere (Foto: Reuters)

Jack Andrew Gary Wilshere (Foto: Reuters)
LONDON – Bagi para fans Arsenal, kembalinya Jack Wilshere amat dinanti untuk kembali berkreasi di lini tengah Arsenal. Kabar bagus pun mengemuka bahwa Wilshere bakal merumput lagi bulan Maret mendatang.

Arsitek, Arsène Wenger sudah mendapat konfirmasi lebih lanjut dari staf medis The Gunners, di mana kondisi Wilshere dikabarkan sudah kembali membaik dari cedera yang didapatnya awal musim lalu.

Wenger pun berani mengutarakan bahwa Wilshere sudah pasti kembali bermain sebelum musim ini berakhir. Kemungkinan besar, bulan depan Wilshere sudah kembali ke skuad Arsenal, jika tak ada masalah lagi dengan cederanya.

“Jack bisa kembali dalam waktu sebulan, jika pemulihannya berjalan baik. Kondisi kepulihannya dari masalah beberapa waktu lalu sudah memperlihatkan kemajuan. Pemindaian terakhir merujuk hasil positif,” jelas Wenger kepada ESPN, Rabu (13/2/2012).

“Pemulihannya harus dilakukan berhati-hati dan bertahap karena kami pernah mencoba mempercepat kesembuhannya tapi malah kondisinya mengalami kemunduran. Jadi kali ini, kami harus lebih hati-hati dan tak terburu-buru. Dia akan kembali sebelum musim ini berakhir,” tambahnya meyakinkan.

Sementara terkait kondisi terakhir Per Mertesacker, Wenger memprediksi Verteidiger (bek) jangkung itu harus ‘diparkir’ selama sebulan. Terapinya pun dilakoni di Jerman dengan pakar yang pernah menangani Mersetacker sebelumnya.

“Dia pernah menjalani rekonstruksi engkel di Jerman sebelum bergabung bersama kami dan pemindaian terakhir, tak memperlihatkan kondisi yang positif,” sambung juru strategi asal Prancis tersebut.

“Mertesacker pulang ke Jerman untuk berkonsultasi dengan spesialis pemulihan untuk melihat bagaimana kemungkinannya. Dia rencananya akan mengontak saya tentang hasil dari spesialisnya hari ini. Pastinya dia takkan bisa bermain bersama kami sampai bulan depan,” tuntas The Professor.

Supremo Inter Belum Panik

Rabu, 15 Februari 2012 08:11 wib
Massimo Moratti (kanan) (Foto: Reuters)

Massimo Moratti (kanan) (Foto: Reuters)
MILAN – Tiga kali kalah dari empat partai yang dilakoni Inter Milan, sejatinya membuat segenap klub dan fans khawatir. Tapi sang presiden, Massimo Moratti menolak untuk panik.

Baginya, serentetan kekalahan tersebut – termasuk kekalahan memalukan 0-1 dari tim gurem, Novara akhir pekan lalu, hanya masalah dan kesalahan biasa yang tak perlu dibesar-besarkan. Baginya hal itu normal adanya dan biasanya masa-masa sulit dialami tim manapun, termasuk La Beneamata.

“Mungkin saja kami melakukan suatu kesalahan atau kami membuat keputusan yang salah beberapa waktu ini. Tapi bagaimanapun juga, saya kira kami tidak selalu berbuat kesalahan dan juga tak terlalu serius,” kata Moratti kepada Corriere della Sera, Rabu (15/2/2012).

“Saya sadar, sepakbola tak selalu berdasarkan logika dan tak selalu tentang strategi saja untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan. Masalahnya, kami sudah terbiasa mendapat hasil yang baik. Kami sudah punya pemain dengan kemampuan melakukan hal-hal yang luar biasa,” lanjut Moratti.

“Sudah tiba saatnya di mana kami butuh sedikit sabar, mengikuti beberapa gagasan dan juga menyediakan waktu untuk mengevaluasi tim dengan perhatian yang tepat,” sambungnya lagi.

Kekalahan 0-1 dari Novara pekan kemarin, membuat Inter kian jauh dari trek juara. Tapi Moratti masih berlapang dada dan masih menyatakan dukungannya terhadap seluruh tim, termasuk staf kepelatihan yang dipimpin Claudio Ranieri.

“Saya tidak kehilangan kepercayaan kepada tim, pemain dan juga staf kepelatihan. Saya masih berpikir bahwa kami masih punya target yang penting, yakni liga dan Champions League, tak ada alasan untuk menyerah,” tambah taipan minyak tersebut.

“Musim ini masih panjang dan anda harus mengerahkan segala upaya, terutama di musim ini ketika jalan kami kian terjal,” tutupnya.

Messi Senang Bantu Barca Pecahkan Tradisi

Rabu, 15 Februari 2012 07:44 wib
Selebrasi Lionel Andres Messi usai mencetak gol ketiga Barcelona ke gawang Bayerl Leverkusen (Foto: Getty Images)

Selebrasi Lionel Andres Messi usai mencetak gol ketiga Barcelona ke gawang Bayerl Leverkusen (Foto: Getty Images)
LEVERKUSEN – Untuk pertama kalinya, Barcelona merasakan kemenangan ketika menginjak babak 16 besar Liga Champions. Salah satu pilar yang paling berperan untuk itu adalah sang mega bintang, Lionel Messi.

Ya, percaya tidak percaya, selama ini Blaugrana tak pernah sekalipun memenangkan partai pertama di babak perdelapan final Champions League. Kemenangan 3-1 atas Bayer Leverkusen dini hari tadi adalah yang pertama bagi raksasa Katalan tersebut.

Selain dwigol dari Alexis Sánchez, satu gol penuntas leg pertama dini hari tadi adalah hasil dari kreasi Lionel Messi, setelah menerima umpan pendek dari Daniel Alves di menit ke-88. El Messiah pun senang bisa menolong timnya, memecahkan tradisi buruk di level Eropa.

“Penting artinya bagi kami memenangkan pertandingan malam ini, karena di bawah asuhan Pep (Guardiola), kami belum pernah memenangkan partai pertama di babak 16 besar,” ungkap Messi.

Selain itu, Messi juga mengomentari lawannya, Leverkusen, yang dinilai memberi perlawanan tangguh. Tapi terkait golnya di penghujung laga, Messi tak mau jumawa. Baginya, gol itu hanyalah sekedar sebiji jasa darinya, karena kemenangan tim menjadi prioritas.

“Kami sadar, akan sulit untuk bermain melawan tim asal Jerman. Saya senang bisa mencetak gol, tapi yang lebih penting lagi adalah hasil yang positif untuk tim,” tuntasnya, sebagaimana dinukil B Recorder, Rabu (15/2/2012).

Barca Kubur Penguasa Westphalia

Rabu, 15 Februari 2012 04:34 wib
Pemain Barcelona merayakan kemenangannya atas Bayer Leverkusen di leg pertama 16 besar Liga Champions (Foto: Daylife)

Pemain Barcelona merayakan kemenangannya atas Bayer Leverkusen di leg pertama 16 besar Liga Champions (Foto: Daylife)
LEVERKUSEN – Sang jawara bertahan, Barcelona masih tak terbendung. Bahkan Barca sukses menyungkurkan raksasa Westphalia, 3-1 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, dini hari ini. Dengan begitu, Barca menjejakkan satu kakinya ke perempat final.

Jalannya babak pertama relatif alot, Barcelona kesulitan menembus pertahanan Leverkusen yang bermain disiplin. Serapih apapun Barca membangun serangan, tim tuan rumah selalu punya cara untuk menetralisir keadaan dengan lugas.

Permainan keras pun tak jarang terjadi, kendati tak berbuah banyak kartu kuning. Peluang pertama Barca terjadi di menit ke-12 lewat tendangan bebas Daniel Alves. Meski mendapat ruang tembak yang cukup, tapi tendangan Alves hanya melambung di atas mistar gawang Leverkusen yang dikawal Bernd Leno.

Gol pembuka akhirnya lahir di menit ke-41. Lionel Messi mengirim assist tajam ke pertahanan Leverkusen. Alexis Sánchez yang berlari kencang dari belakang barisan tengah Leverkusen, lepas dari jebakan offside. Sontekannya berhasil melewati sela-sela kaki Leno dan papan skor pun berubah 1-0 untuk tim tamu yang bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, laga mulai berjalan lebih seru. Leverkusen mulai memberi perlawanan, setelah di babak pertama terlalu fokus bertahan. Manuel Friedrich yang melakukan overlap, sempat membuat ketar-ketir Barca di menit ke-48.

Umpan dari lini tengah, nyaris membuat bek internasional Jerman itu mencetak gol penyeimbang. Sayang, sodokan kaki kanannya gagal mengarahkan bola ke gawang Barca yang kali ini dikawal Víctor Valdés.

Penguasa kawasan Westphalia itu akhirnya berhasil menorehkan gol penyeimbang di menit ke-52. Berawal dari umpan panjang Vedran Corluka di sisi kiri pertahanan Barca, Michal Kadlec yang unggul postur mampu memenangkan duel bola atas dengan Alexis Sánchez. Tandukannya pun mengoyak sarang Valdes, dan merubah skor 1-1 hingga dua menit ke depan.

Skor 1-1 tak bertahan lama, pasalnya Alexis kembali membuat Torwart (kiper) Leverkusen memungut bola untuk yang kedua kalinya di menit ke-57. Alexis yang lagi-lagi lepas dari kawalan Manuel Friedrich, sukses menyambut umpan Fàbregas dan kembali menceploskan si kulit bundar ke gawangWerkself dan mengubah skor 2-1 untuk keunggulan tim tamu.

Leverkusen kembali menebar ancaman di menit ke-65. Gonzalo Castro nyaris kembali menyamakan skor, jika saja tendangan kaki kirinya nya tak membentur tiang gawang sebelah kiri dari gawang Barca.

Sang mega bintang, Lionel Messi seakan enggan ketinggalan untuk memperlihatkan aksi cantiknya dini hari ini. Di menit ke-73, El Messiah nyaris mengkonversi aksi magisnya. Messi sempat melewati hadangan barisan belakang Leverkusen dengan gemilang. Bahkan sontekannya memperdaya kiper Leno, sayang sontekannya hanya membentur gawang sebelah kiri Leverkusen.

Stürmer Leverkusen yang baru masuk, Stefan Kieβling hampir kembali merobek gawang Valdés. Papan skor bisa saja kembali berubah jika tandukan Kieβling yang berawal dari assist Gonzalo Castro tak mampu diamankan dengan mantap oleh Valdés di menit ke-78.

Alexis nyaris mencetak hattrick dini hari ini di menit ke-84. Tandukan tipisnya yang berawal dari sepak pojok, hampir merubah kedudukan lagi. Tapi kali ini Leno gagal diperdaya Alexis untuk ketiga kalinya, Leno dengan gemilang menyelamatkan sundulan Alexis.

Barcelona akhirnya sukses mengubur tuan rumah hidup-hidup, setelah Messi menorehkan gol ketigaAzulgrana. Lewat umpan yang disodorkan Daniel Alves, Messi yang sudah berada di depan mulut gawang, dengan mudah menyodok bola ke gawang Leno yang sudah mati langkah.

Hingga wasit Craig Thomson dari Skotlandia meniupkan peluit panjang, Barca tetap unggul 3-1. Dengan begitu, langkah Barca kian enteng jelang menjamu lawan yang sama di Camp Nou, 8 Maret mendatang.

Susunan Pemain:
Bayer Leverkusen: 
Bernd Leno, Manuel Friedrich, Michal Kadlec, Vedran Corluka/Danny Da Costa (91’+1), Daniel Schwaab, Stefan Reinartz, Gonzalo Castro, Simon Rolfes/Stefan Kieβling (77’), Renato Augusto, Lars Bender, André Schürrle/Karim Bellarabi (90’)

Barcelona: Víctor Valdés, Carles Puyol, Eric Abidal, Daniel Alves, Adriano Correia/Pedro Rodríguez (70’), Javier Marcherano, Francesc Fàbregas, Andrés Iniesta/Thiago Alcântara (60’), Sergio Busquets, Lionel Messi, Alexis Sánchez/Isaac Cuenca (86’)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s