Berita Hari ini

ABG Stres di Sel, Ortu Ajukan Penangguhan Penahanan

Senin, 13 Februari 2012 14:46 wib
Cuplikan rekaman penganiayaan ABG di Bali (Youtube)

Cuplikan rekaman penganiayaan ABG di Bali (Youtube)

DENPASAR – Para orangtua remaja pelaku penganiayaan di Bali yang videonya beredar di Youtube, akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan. Orangtua khawatir dengan kondisi psikologis lima anak mereka yang kini ditahan di sel Mapolresta Denpasar.

Setelah hampir sepekan mendekam di sel, lima tersangka penganiayaan terhadap korban KA (16), mulai merasa tidak nyaman dan berharap agar bisa kembali menjalani aktivitas sedia kala.

”Kami mewakili orangtua pelaku, akan mengajukan penangguhan penahanan, semoga pihak kepolisian bisa mengabulkan permohonan kami,” kata I Ketut Artagunawan, orangtua tersangka KAD di Kantor Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Bali, Senin (13/2/2012).

Artagunawan menjelaskan anak-anak mereka tertekan selama berada di dalam sel.

”Kasihan anak-anak kalau harus berada di sel. Harapan kami supaya bisa sekolah dahulu apakah nanti ikut kejar paket yang penting bisa bersekolah tidak masuk geng-gengan lagi,” harapnya.

Selain itu, lanjut Artagunawan, para ABG itu juga membantu orangtua mencari nafkah bahkan bisa dikatakan sebagai tulang punggung keluarga dengan berjualan di warung dan pasar.

Pihak keluarga juga menjamin bahwa anak-anak mereka akan mendapat pengawasan lebih ketat lagi dan mematuhi semua ketentuan dan proses hukum yang tengah dijalani.

Dukungan terhadap langkah orangtua itu juga disampaikan Ketua LPA Bali I Nyoman Masni. Dia meminta jangan sampai proses hukum mengabaikan hak-hak sebagai anak.

”Merupakan hak anak untuk mendapat kekebasannya sepanjang mereka (orangtua) mampu mengawasi anaknya. Saya kira mereka berhak mendapat penangguhan penahanan, kami mendukung hal itu,” kata Masni.

 

 

JK Ogah Komentari Isu Penggulingan Pemerintahan SBY

Senin, 13 Februari 2012 14:56 wib
Jusuf kalla (Foto: Heru H/okezone)

Jusuf kalla (Foto: Heru H/okezone)

JAKARTA– Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla enggan mengomentari soal adanya dugaan pihak-pihak yang berencana menggulingkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada pertengahan tahun 2012 ini.

“Kalau itu ditanyakan saja kepada pengamat,” ujar Jusuf Kalla usai mengunjungi korban kebakaran di Jalan Lautze, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2012).

Sebelumnya, pengamat intelijen Wawan Purwanto menduga ada pihak yang berencana menggulingkan pemerintahan SBY-Boediono pada pertengahan 2012 ini. Hal tersebut diutarakannya disela Mukernas Ikatan Alumni SMAN 1 Ungaran Kabupaten Semarang, di TMII, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2012 kemarin.

Wawan mengistilahkan upaya penggoyangan kepada pemerintah itu sebagai “set of destroyer”. “Aparat keamanan harus lebih cepat untuk bisa mengungkap ada apa di balik ini semua,” jelasnya.

Sayangnya, Wawan enggan mengatakan pihak yang bermain dalam upaya penghancuran terhadap pemerintah. “Siapa yang bermain tentu ada dan saya tidak perlu menyebutkan siapa-siapanya karena ini sudah masuk ranah politik dan politik biasa terjadi yang namanya upaya menimbulkan gejolak,” sebutnya.

 

Tips Cari Tempat Kos di Prancis

Senin, 13 Februari 2012 14:48 wib
Foto: Salah satu asrama mahasiswa asing di Paris, Prancis, Cite Universitaire Internationale de Paris. (Corbis)

Foto: Salah satu asrama mahasiswa asing di Paris, Prancis, Cite Universitaire Internationale de Paris. (Corbis)
SAAT ini, ada sekira 300.000 mahasiswa asing menuntut ilmu dan bertukar budaya di Prancis.

Sebagai negara favorit keempat bagi pelajar internsaional, biaya pendidikan di Prancis relatif terjangkau. Namun terkadang sistem pendidikannya rumit, begitu pula dengan menemukan tempat tinggal.
The Local, Senin (13/2/2012) melansir, besaran biaya hidup di Prancis mirip dengan negara lain di Eropa. Namun Paris, yang merupakan tujuan paling populer untuk pelajar internasional, bisa sangat mahal. Selain itu, para pelajar asing kerap kali kesulitan menemukan tempat tinggal di kota ini.

Permintaan tempat tinggal akan membeludak, sebelum awal tahun akademik. Cité Universitaire Internationale de Paris (CUIP) merupakan tempat tinggal terbesar untuk mahasiswa yang ada di selatan Paris. Di sini, banyak asrama yang dihuni mahasiswa berbagai negara.

Fondation des Etats-Unis dan Maison des Etudiants Canadiens melayani mahasiswa dari Amerika Serikat dan Kanada, sementara College Franco-Britannique melayani warga Inggris dan Persemakmuran.

Bagi mahasiswa yang negaranya tidak terwakili di dua tempat ini, dapat mengajukan aplikasi umum keCUIP. Berhati-hatilah, karena tempat yang sangat terbatas dan banyak yang melamar, sehingga kamu harus ‘mengamankan’ tempat satu tahun sebelumnya. Namun hanya mahasiswa universitas di tahun ketiga dan lebih yang bisa mengajukan, dan maksimum tinggal di sana adalah dua tahun.

Universitas di luar Paris (dan bahkan mereka yang terletak di pinggiran kota Paris) juga memiliki akomodasi bersubsidi untuk mahasiswa, yang lokasinya di dalam atau dekat kampus. Kamu juga bisa mencari informasi mengenai asrama melalui lembaga kesejahteran mahasiswa, CNOUS.

Bantuan Keuangan dan Bekerja
 
Pemerintah Prancis menawarkan sejumlah besar beasiswa setiap tahunnya kepada mahasiswa internasional. Umumnya, beasiswa diiklankan di situs kedutaan besar dan konsulat Prancis di dunia.Campus France juga memiliki mesih pencari untuk beasiswa dan bantuan keuangan.
 
Mahasiswa yang universitasnya merupakan bagian dari program Erasmus dapat mengajukan permohonan untuk skema ini ke universitas. Skema memang terbatas untuk universitas di Uni Eropa, namun sejumlah universitas non Uni Eropa juga terlibat skema bantuan keuangan di Erasmus.
 
Ini artinya bantuan berbasis sewa tersedia untuk siapa saja yang memiliki visa Prancis atau Carte de Séjour (ijin tinggal), termasuk warga negara non Uni Eropa, dan dikelola oleh Caisses d’Allocations Familiales (CAF).

Selain itu, secara hukum, mahasiswa boleh bekerja hingga 19,5 jam per minggu selama satu semester, dan penuh waktu selama waktu liburan. Keuntungan untuk warga non Uni Eropa adalah bisa mengajukan izin kerja secara terpisah, dan dapat bekerja selama mereka memegang visa pelajar atau kartu izin tinggal yang sah, kecuali untuk siswa Aljazair, yang tercakup dalam perjanjian terpisah.
 
Mahasiswa yang telah menyelesaikan program pendidikan Master, berhak mengajukan permohonan kerja sementara selama enam bulan, yang memungkinkan untuk mencari kerja pascalulus. Namun baru-baru ini, ketentuan mengenai hal tersebut diperketat dan banyak aplikasi yang ditolak.

Menkeu : Sudah 50 Orang Daftar DK OJK

Senin, 13 Februari 2012 14:55 wib
Menkeu Agus Martowardojo. (Foto: okezone)

Menkeu Agus Martowardojo. (Foto: okezone)
JAKARTA – Pemerintah menuturkan sudah sekira 50 orang yang mendaftar untuk menjadi calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK).

“Saya belum tahu jumlah persisnya, tapi sampai dengan akhir Jumat lalu ada sekira 50 orang yang mendaftar, dan masih seperti yang diharapkan,” ungkap Menteri Keuangan Agus Martowarjojo kala ditemui usai Seminar Otoritas Jasa Keuangan “Tantangan Dewan Komisioner menghadapi Dampak Krisis” di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (13/2/2012).

Tambahnya, panitia seleksi (pansel) sendiri mempunyai jadwal yang pendek untuk pemilihan DK OJK tersebut dikarenakan pada 21 Maret akan dikirimkan nama-nama calon anggota DK tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan kemudian pada 21 Juli 2012 akan siap untuk dilantik.

Nantinya, calon-calon anggota DK OJK tersebut akan ditunjuk oleh menteri keuangan dan gubernur Bank Indonesia (BI) lalu diajukan ke presiden kemudian akan diajukan lagi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Besok Demokrat Rapat Bahas Pemecatan Angelina Sondakh

Senin, 13 Februari 2012 14:40 wib
Angelina Sondakh (Foto: Heru/Okezone)

Angelina Sondakh (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat akan menggelar rapat membahas rekomendasi Dewan Kehormatan (DK) tentang pemecatan Angelina Sondakh dari kepengurusannya DPP, Selasa besok.

Rapat tersebut untuk memutuskan pemecatan secara legal formal terhadap Angie, sapaan Angelina Sondakh, sebagai Wakil Sekjen DPP PD pasca-penetapan status tersangka Angie oleh KPK dalam kasus korupsi wisma atlet.

“Rapat baru besok, kita belum lihat suratnya,” ujar Wasekjen DPP Demokrat Saan Mustopa, di gedung DPR, Jakarta, Senin (13/2/2012).

Anggota Komisi III DPR itu mengakui, bahwa rapat tersebut tidak akan alot. Sebab, keputusan pemecatan pasti dikenakan terhadap Angie, sehingga rapat nantinya tidak akan ada perdebatan lagi. “Kalau yang sudah pasti-pasti itu tidak di perdebatkan,” jelasnya.

DK Partai Demokrat telah mengeluarkan surat rekomendasi terkait pemecatan Angelina Sondakh sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat. Surat rekomendasi tersebut telah disampaikan kepada pengurus DPP PD untuk segera ditindaklanjuti mengenai posisi Angie.

“Rekomendasi Dewan Kehormatan(DK) diteruskan ke DPP untuk ditindaklanjuti. DPP kemudian akan membahas dalam pleno untuk putuskan rekomendasi DK dan DPP wajib menindaklanjuti rekomendasi DK tersebut. Selanjutnya DPP sampaikan keputusan tersebut kepada yang bersangkutan,” ujar Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Andi Nurpati.

Menurut Andi, rekomendasi BK itu menyebutkan perihal pemberhentian Angie dari jabatannya. Hanya saja, rekomendasi itu belum diplenokan oleh Pengurus DPP. Andi menyatakan bahwa surat rekomendasi pemecatan itu akan mereka plenokan pekan ini.

Survei CSIS: Partai Demokrat Tetap Nomor Wahid

Senin, 13 Februari 2012 14:34 wib

JAKARTA– Sejumlah survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei menyebutkan tingkat kepercayaan masyarakat pada Partai Demokrat menurun. Namun, sebuah survei yang dilakukan Center for Strategic and International Studies (CSIS) menyebutkan partai berlambang Mercy tersebut masih berada di urutan teratas.

Hasil survei itu pun mematahkan hasil survei lembaga lain yang menyebutkan Partai Demokrat kian menurun. CSIS menyebutkan, hingga saat ini kepercayaan publik terhadap Demokrat masih tinggi.

Dalam survei tersebut disebutkan, setelah Partai Demokrat, partai Golkar berada di urutan nomor dua, sedangkan Partai PDI Perjuangan (PDIP) berada di urutan ketiga untuk urusan kepercayaan publik.

“Partai Demokrat tetap berada di urutan pertama dengan selisih dua persen dengan Partai Golkar,” kata  Peneliti CSIS Sunny Tanuwidjaja dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/2/2012).

Sunny mengatakan, survei tersebut dilakukan selama satu pekan secara acak bertingkat di 33 Provinsi, pada 6 hingga 24 Januari 2012. “Ada 2.220 responden yang kami survei, namun kami mengambil 2.117 responden yang bisa dilihat sisi validitasnya,” terangnya.

Sementara itu, survei juga memperlihatkan, penilaian publik terhadap partai politik peserta Pemilu 2009 sedikit mengalami pergeseran.

“Hasilnya Partai Demokrat hingga saat ini masih mendapatkan kepercayaan publik dengan persentase 12,6 persen, disusul Partai Golkar 10,5 persen dan PDI Perjuangan 7,8 persen,” kata Sunny.

Untuk partai-partai lain, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada diurutan keempat dengan memperoleh suara  4,4 persen. “Dan berikutnya PKS 3,1 persen, Gerindra 3 persen. PPP 2,8 persen, PAN 2,3 persen dan Hanura sebesar 0,7 persen,” katanya.

 

 

Remisi untuk Koruptor, Menkum HAM Tunggu Putusan PTUN

Senin, 13 Februari 2012 15:04 wib
Menkum HAM Amir Syamsuddin (Foto: Runi Okezone)

Menkum HAM Amir Syamsuddin (Foto: Runi Okezone)

JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin berkomitmen untuk menunggu hasil putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait gugatan terhadap pengetatan remisi bagi koruptor.

“Begini, ini kan sedang digugat di PTUN, saya dikatakan ragu. Saya tidak ragu, saya komit apa yang sudah saya janjikan dalam rapat yang sebelumnya. Bahwa saya akan tunduk kepada putusan, apakah kepatuhan saya terhadap putusan itu dianggap ragu karena saya tidak banding. Saya hanya ingin memberikan kepastian cepat. Saya kira itu pendapat yang keliru,” ungkapnya usai Rapat Kerja dengan Komisi III DPR, Senin (13/2/2012).

Terkait rencana mengajukan banding jika dalam gugatan tersebut pihaknya kalah, Amir menyatakan, akan tetap berpegang pada janjinya yakni patuh pada putusan tersebut sesuai dengan hasil rapat sebelumnya pada 14 Desember lalu.

Mantan Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat itu menjelaskan bahwa pengetatan remisi tidak akan dibatalkan namun akan disempurnakan. “Ini tidak akan batal tapi kita akan sempurnakan itu yang sedang kami kerjakan,” tandasnya.

Seperti diketahui, keputusan Kemenkum HAM mengenai pengetatan remisi bagi koruptor ditentang sejumlah pihak, salah satunya Partai Golkar. Akibat kebijakan itu, kader Golkar Paskah Suzetta dan Ahmad Hafiz, menjadi korban. Partai ini pun selanjutnya melayangkan gugatan perdata.

 

 

JK Ogah Komentari Isu Penggulingan Pemerintahan SBY

Senin, 13 Februari 2012 14:56 wib
Jusuf kalla (Foto: Heru H/okezone)

Jusuf kalla (Foto: Heru H/okezone)

JAKARTA– Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla enggan mengomentari soal adanya dugaan pihak-pihak yang berencana menggulingkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada pertengahan tahun 2012 ini.

“Kalau itu ditanyakan saja kepada pengamat,” ujar Jusuf Kalla usai mengunjungi korban kebakaran di Jalan Lautze, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2012).

Sebelumnya, pengamat intelijen Wawan Purwanto menduga ada pihak yang berencana menggulingkan pemerintahan SBY-Boediono pada pertengahan 2012 ini. Hal tersebut diutarakannya disela Mukernas Ikatan Alumni SMAN 1 Ungaran Kabupaten Semarang, di TMII, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2012 kemarin.

Wawan mengistilahkan upaya penggoyangan kepada pemerintah itu sebagai “set of destroyer”. “Aparat keamanan harus lebih cepat untuk bisa mengungkap ada apa di balik ini semua,” jelasnya.

Sayangnya, Wawan enggan mengatakan pihak yang bermain dalam upaya penghancuran terhadap pemerintah. “Siapa yang bermain tentu ada dan saya tidak perlu menyebutkan siapa-siapanya karena ini sudah masuk ranah politik dan politik biasa terjadi yang namanya upaya menimbulkan gejolak,” sebutnya.

 

Madrid Jauh Tinggalkan Barca

Senin, 13 Februari 2012 05:23 wib
Pemain Madrid merayakan gol penyeimbang kedudukan yang dicetak Ronaldo (Foto: Yahoosports)

Pemain Madrid merayakan gol penyeimbang kedudukan yang dicetak Ronaldo (Foto: Yahoosports)
MADRID  Cristiano Ronaldo menunjukkan kegarangannya saat Real Madrid menjamu Levante. Gelontoran tiga gol dilesakkan CR7 untuk membawa Madrid menang 4-2 sekaligus memperlebar keunggulan dari rival abadinya, Barcelona dalam perburuan juara.

Ya, dengan tambahan tiga angka plus kekalahan Barca dari Osasuna sehari sebelumnya, Madrid kian nyaman memuncaki klasemen sementara La Liga. Dengan selisih yang mencapai 10 poin, Madrid mengisyaratkan bakal mengakhiri dominasi Barca dalam tiga musim terakhir.

Mengemban misi balas dendam usai dipermalukan 0-1 di pertemuan pertama, publik Santiago Bernabeu justru dibuat terhenyak ketika Levante berhasil unggul lebih dulu di menit ke-4.

Tendangan bebas Javier Farinos sempat membentur Sergio Ramos, dan Gustavo Cabral langsung merespon dengan sundulan mematikan ke gawang Iker Casillas. Levante kembali mengingatkan memori kelam Madrid ketika kalah 0-1 di pertemuan pertama.

Gol ini sontak membakar amarah Cristiano Ronaldo yang langsung mengurung pertahanan Sang Kodok -julukan Levante-. Tiga menit berselang, Karim Benzema sempat mencetak gol penyeimbang, tapi sayangnya wasit menganulir gol tersebut lantaran striker internasional Prancis terjebak offside.

Memasuki menit ke-15, Madrid sudah memiliki empat peluang, namun gagal dikonversi menjadi gol. Eksekusi Gonzalo Higuain di menit ke-10 dan 13 hanya tipis di sisi gawang. Tendangan keras Cristiano Ronaldo menit 12 dan 16 juga belum menemui sasaran.

El Real yang terus menekan akhirnya sukses menyamakan kedudukan di menit ke-44 lewat eksekusi Cristiano Ronaldo. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul handball yang dilakukan Iborra di area terlarang.

Tak hanya mendapat hukuman penalti, Levante semakin kecewa lantaran Ibrorra juga diusir keluar lapangan, lantaran telah mengoleksi dua kartu kuning. Alhasil, Levante harus bermain dengan 10 pemain di sisa 45 menit laga. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Masuk ke paruh kedua laga, Madrid gantian membuat kubu Levante tercengang dengan gol cepat Ronaldo di menit ke-50. CR7 mencetak gol keduanya di pertandingan ini dengan tandukan tajam, memanfaatkan assist matang Higuain. El Real berbalik unggul 2-1.

Lesakkan dua gol ternyata belum memuaskan Ronaldo. Enam menit berselang, pemain termahal dunia berusia 27 tahun ini mencatatkan hattrick, dengan tendangan ‘tombak’ yang melucur tajam ke gawang Munua. Madrid semakin berada di atas angin dengan keunggulan 3-1.

Khusus bagi Ronaldo, ini merupakan gol ke-27nya musim ini sekaligus mengukuhkannya sebagai kandidat terkuat peraih gelar El Pichichi, karena unggul empat gol dari rival utamanya Lionel Messi (23).

Kembali ke pertandingan, Levante yang tertinggal dua gol ternyata tak lantas patah arang. Striker Arouna Kone memberikan harapan setelah mampu memperkecil kedudukan menjadi 2-3 lewat tandukan mematikan di menit ke-62.

Sebelumnya, Madrid sempat unggul 4-1 lewat sontekan Higuain memanfaat umpan Benzema. Sayang, gol tersebut dianulir karena offside. Namun, kekecewaan Madrid terbayar lantaran Benzema membuat Madrid menjauh di menit ke-66.

Gol keempat ke gawang Munua dicetak Karim Benzema yang memanfaatkan umpan Ronaldo. Tendangan terarahnya di sisi gawang tak mampu dijangkau Munua. 4-2 untuk Madrid.

Menit ke-67, Ronaldo nyaris mencetak quattrick andai tendangannya tidak membentuh tubuh Munua. Dua menit berselang, Ozil beraksi dengan melewati bek Levante dan melepaskan tembakan yang masih membentur tiang.

Memasuki 10 menit terakhir laga, Madrid mulai mengendurkan tempo. Cristiano Ronaldo dkk kini lebih banyak memainkan possession demi menjaga stamina, mengingat tengah pekan ini mereka akan bermain di Liga Champions menghadapi tuan rumah CSKA Moskow.

Levante sendiri masih terus berupaya mengejar bola demi menipiskan ketertinggalan. Sayang, hingga laga usai, keunggulan 4-2 Madrid tidak berubah.

Susunan Pemain:
REAL MADRID:
 Casillas, Arbeloa, Pepe, Ramos, Coentrao, Granero/Khedira (75’), Xabi Alonso, Ozil/Kaka (80’), Ronaldo, Higuain/Callejon (67’), Benzema

LEVANTE: Munúa, Javi Venta, Ballesteros, Cabral, Del Horno/Pedro Lopez  (60’), Farinos, Iborra, El Zhar/Pallardo (46’), Valdo/Botelho (76’), Oscar Serrano, Kone.

5 Fotografer Indonesia Lolos ke Sony World Photography

detail berita

JAKARTA – World Photography Organisation kembali mengumumkan fotografer-fotografer yang berhasil lolos seleksi dan menjadi finalis dalam 2012 Sony World Photography Award, ajang internasional yang memberikan apresiasi pada hasil karya fotografi dari seluruh penjuru dunia.

Lima fotografer Indonesia berhasil lolos dalam tahap seleksi 2012 Sony World Photography Award pada kelas Open Photographers dan menjadi finalis dalam beberapa kategori: Tan Nono Rahardian untuk Kategori Seni dan Budaya, Handri Fitrido untuk Kategori Alam dan Kehidupan Liar, Zulkifli Thalib untuk Kategori Masyarakat, Ricky Alexander untuk Kategori Senyuman, dan Suprijanto untuk Kategori Perjalanan.

“Kami sangat mendukung para fotografer nasional di Indonesia untuk berkiprah dalam acara-acara penghargaan foto internasional seperti Sony World Photography Awards ini. Kompetisi ini mengapresiasi berbagai foto yang menakjubkan dari seluruh penjuru dunia untuk kemudian dipilih yang terbaik,” kata Presiden Direktur Sony Indonesia Satoru Arai.

Satoru Arai juga menyatakan bahwa dukungan Sony pada ajang ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk selalu terdepan dalam dunia digital imaging. “Foto-foto memikat yang lolos dalam kompetisi ini merupakan gambaran atas kemampuan menampilkan realitas dari sisi yang menarik yang juga dapat dihasilkan dengan rangkaian produk digital imaging dari Sony.”

Kelima fotografer Indonesia tersebut, bersama-sama dengan seluruh finalis dari 2012 Sony World Photography Awards dapat memamerkan karya-karya mereka pada kegiatan pameran utama yang akan diakadan di Somerset House London, bersamaan dengan penyerahan penghargaan Sony World Photography Awards.

Creative Director  World Photography Organisation Astrid Merget mengatakan foto-foto yang telah lolos seleksi dan menjadi finalis pada 2012 Sony World Photography Awards kali ini sangat memuaskan.

“Untuk professional awards, karya-karya foto yang lolos seleksi menampilkan obyek secara utuh secara unik, sementara pada open categories obyek tunggal yang disajikan sangat beragam dan menunjukkan skil yang sangat tinggi,” jelasnya. Pada penyelenggaraan 2012 Sony World Photography Awads kali ini, lebih dari 112,000 hasil karya didaftarkan dari 171 negara seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s