Berita hari Ini

Orang Indonesia Lebih Pilih Rumah Ketimbang Apartemen

Rabu, 8 Februari 2012 15:38 wib
detail berita

Foto: ilustrasi landed house/ designandbuilt.com

JAKARTA – Maraknya pembangunan hunian vertikal mewah, tidak lantas mengubah keseluruhan gaya hidup masyarakat Indonesia untuk memilih tinggal di bangunan prestisius ini.

Berdasarkan data yang diperoleh Rumah123, 91 persen masyarakat Indonesia lebih memilih landed house atau rumah tunggal sebagai hunian.  Ini berdasarkan jumlah pencarian yang masuk pada situs properti tersebut.

“Masyarakat Indonesia lebih memilih landed house, ini merupakan pengaruh faktor sosial budaya. Yang mana dari dulu kan orang beranggapan rumah itu di atas sebidang tanah, ada taman, halaman, seperti itu,” ujar Meddy H Papinka saat ditemui di Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Meskipun begitu, bukan berarti untuk high rest building atau apartemen tidak diminati pasar. Saat ini banyak para pengembang yang menjalankan strategi apartemen menyasar pada kelas menengah dan mengalami peningkatan cukup tajam.

“Untuk peminat pasar apartemen memang masih kecil, sekira sembilan persennya. Tapi saat ini juga banyak apartemen kelas menengah yang peminatnya juga cukup banyak,” pungkasnya.

Hasil tersebut merupakan, akumulasi hingga kuartal empat (Oktober-Desember) 2011, berdasarkan jumlah masyarakat yang mencari pada listing atau daftar rumah yang dijual pada media online Rumah123.

 

Begini Caranya Menghitung KPR

Rabu, 8 Februari 2012 18:04 wib
detail berita

Foto: ilustrasi/ mortgagecalculatoradvice.com

JAKARTA – Ada begitu banyak cara untuk memiliki rumah tinggal idaman. Selain membelinya secara tunai, rumah bisa juga didapatkan dengan cara kredit dengan menggunakan fasilitas kredit kepemilikan rumah (KPR) di beberapa bank swasta maupun bank pemerintah.

Kendati ada kemudahan menggunakan fasilitas KPR, banyak yang tidak mengetahui estimasi skema pembelian rumah secara kredit. Untuk itu, sebaiknya Anda mempelajari bagaimana perkiraan menghitung KPR.

Berikut merupakan salah satu contoh menghitung KPR, seperti disitat dari blog arsitek Architectaria, Rabu (8/2/2012):

Misal, harga rumah yang akan Anda beli adalah Rp100 juta. Anda akan membelinya melalui kredit KPR dengan bunga bank 10 persen. Kalau uang mukanya sebesar 10 persen (Rp10 juta), berarti sisa utangnya adalah Rp90 juta.

Dengan utang sebesar Rp90 juta kalau diangsur selama 10 tahun dengan bunga 10 persen. Maka, angsuran per bulan sekira Rp1.189.400. Sedangkan total bunga pinjaman adalah Rp52.722.796 dan total utang menjadi sebesar Rp142.722.796.

Perbandingannya, kalau tidak ingin kredit KPR atau ingin menabung selama 10 tahun. Dengan bunga per tahun lima persen, tabungan Anda akan menjadi sekira Rp220 juta.

Dengan asumsi, dalam 10 tahun, harga rumah sudah naik. Anggap saja cuma

naik 50 persen menjadi 150 juta. Bagi yang akan membeli rumah 10 tahun lagi paling tidak akan untung sekira Rp50 juta. Itu kalau rumah yang ditempati selama 10 tahun tidak kontrak. Kalau kontrak, misal per tahun sebesar Rp5 juta selama 10 tahun, dan total menjadi 50 juta.

Hal ini berarti impas, atau sama dengan yang pakai Rumah KPR.
Kesimpulannya, kalau menghasilkan nilai yang sama antara rumah yang dibeli dengan fasilitas KPR dengan yang tidak menggunakan fasilitas KPR, maka lebih menguntungkan jika membeli rumah lewat KPR dengan keuntungannya yaitu kita mendapatkan rumah lebih dahulu.

Dengan mengubah variabel-variabel di atas, kita bisa menentukan mana yang lebih baik antara membeli rumah dengan memanfaatkan fasilitas KPR atau tidak. Coba saja dengan mengubah variabel suku bunga, jangka waktu serta kenaikan harga tanah atau rumah.

Perhitungkan juga lokasi rumah yang akan kita beli. Bisa jadi karena  lama menunggu mengumpulkan uang, malah tanah dan rumah yang lokasinya berada di dekat tempat Anda bekerja sudah habis dan harga lokasi yang bagus sudah kelewat mahal.

 

Rumah Anti-Bom Nuklir Dilego Rp26,1 Miliar

Kamis, 9 Februari 2012 08:02 wib
detail berita

Foto: The Jamesburg Earth Station/ propgoluxury.com

JAKARTA – Sebuah rumah bernama The Jamesburg Earth Station di Carmel Valley yang merupakan eks stasiun bumi mini milik NASA dilepas ke pasar properti di Amerika.

Rumah yang didapuk sebagai rumah anti-bom tersebut merupakan fakta. Pasalnya, bangunan yang tampak seperti roket beratap konstruksi silinder tersebut didesain agar tahan dengan lima megaton ledakan nuklir.

Seperti yang dikutip dari situs Propgoluxury, Kamis (9/2/2012), desain yang kokoh tersebut tidak hanya mampu menahan serangan bom nuklir saja, tetapi juga berfungsi sebagai penerima citra yang dipancarkan dari
satelit NASA di luar bumi.

Soal harga, rumah ini dilepas dengan banderol USD2,95 juta atau sekira Rp26,1 miliar. Mungkin cukup setara dengan fasilitas yang ditawarkan oleh rumah yang berdiri di lahan seluas 160 hektare (Ha).

Adapun fasilitas yang akan didapatkan, seperti landasan helikopter, tiga
kamar tidur mewah, lapangan basket, dua sumur pribadi, dan kandang
ternak. Belum lagi ditambah dengan keamanan tingkat NASA, dan sebagai bonus, Anda bisa menikmati pemandangan asri di sekeliling bangunan yang berdiri sejak 1968 tersebut.

Sekadar informasi, The Jamesburg dibangun NASA khusus untuk menerima sinyal transmisi ketika roket Apollo mendarat di bulan. Kemudian setelah peristiwa bersejarah itu, rumah ini dibeli oleh perusahaan telekomunikasi AT&T dengan fungsi transmisi yang sama.

 

Kolarov, Target Musim Panas Juve?

Kamis, 9 Februari 2012 09:29 wib
Aleksandar Kolarov.(Foto: Getty Images)

Aleksandar Kolarov.(Foto: Getty Images)
TURIN – Mungkin sederetan Difensore yang dimiliki Juventus saat ini belum bisa memuaskan Antonio Conte. Untuk itu, kabarnya Juve berniat mendatangkan bek anyar di musim panas mendatang, Aleksandar Kolarov dari Manchester City.

Seperti dikutip talkSPORT, Kamis (9/2/2012), Kolarov dianggap menjadi rekrutan potensial yang takkan sulit didapat. Pasalnya, sejak City mendatangkan Gael Clichy dari Arsenal, Kolarov hanya menjadi pilihan kedua di posisi bek kiri.

Arsitek Roberto Mancini lebih suka dengan Clichy karena punya kecepatan dan daya bantu serangan yang dianggap lebih mumpuni. Kondisi ini tentu akan membuat Kolarov takkan pikir panjang jika ada tawaran serius.

Juve berencana untuk bernegosiasi dengan City, jelang jendela musim panas dibuka, karena tentu nantinya tak hanya Juve yang meminatinya. Untuk itu, manajemen Juve kabarnya telah mengontak City, untuk mendapatkan prioritas.

Juventus diketahui bersedia merogoh kocek sebesar 7,5 juta euro atau lebih dari 89 miliar rupiah untuk mendapatkan bek berusia 26 tahun tersebut. Tapi melihat situasi selama lima bulan ke depan, harga tersebut bisa naik ataupun malah turun.

Laga PSM Vs PSMS Mundur Dua Hari

Kamis, 9 Februari 2012 09:28 wib

MAKASSAR – Jadwal pertandingan Indonesia Premier League (IPL) 2011-12 antara PSM Makassar versus PSMS Medan di Stadon Mattoanging diundurkan. Semula laga antarkedua kesebelasan itu direncanakan kick-off pada akhir pekan ini, Sabtu (11/2/2012).

Namun PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku penyelenggara kompetisi IPL 2011-12 mengumumkan pemberitahuan bahwa pertandingan PSM vs PSMS dihelat pada awal pekan depan, Senin (13/2/2012).

Pemberitahuan diundurkannya laga itu diterima manajemen PSM, Selasa (7/2/2012) kemarin. PT LPIS melayangkan email berisi copy surat bernomor LPIS-025/DK-IPL/II/2012. Muatan surat menyebutkan, secara terperinci mengenai waktu pertandingan. Jadwal semula Sabtu 11 Februari, pukul 15.30 WITA. Diundur menjadi Senin 13 Februari, pukul 19.30 WITA.

Dalam pemberitahuan itu, PT LPIS juga meminta kepada manajemen PSM melakukan koordinasi dengan pihak pengamanan karena mundurnya pertandingan.

“Setiap laga kandang, kami minta personel 450 atau 500 orang. Kami juga akan memberitahukan soal penundaan laga ini,” kata Ruslan sekretaris manajemen PSM sembari mengaku telah mengirim surat pemberitahuan dan permintaan personel keamanan dari kepolisian.

Lampu lebih terang, dinding lebih tinggi

Ruslan mengimbuhkan, manajemen PSM juga akan minta pengelola Stadion Mattoanging menambah kapasitas penerangan di stadion. “Karena pertandingan dimainkan malam hari, maka kita tidak mau ada masalah soal lampu,” ujar dia.

Terpisah, Mirdan Miding pengelola Stadion Mattoanging mengatakan, pihaknya telah menambah travo dan kapasitor untuk penerangan. Sehingga, ia memastikan tidak akan ada masalah dengan penerangan, saat laga malam digelar.

Selain penerangan, Mirdan juga telah menambah tinggi dinding stadion. Tambahan dinding itu dimaksud agar tidak ada lagi penonton yang memanjat stadion demi menonton pertandingan tanpa membeli tiket.

“Pokoknya, tidak ada lagi alasan panpel merugi karena kebocoran tiket,” tanggap Mirdan.

Berba Merasa Tak Bahagia di United

Kamis, 9 Februari 2012 09:23 wib
Dimitar Berbatov. (Foto: daylife)

Dimitar Berbatov. (Foto: daylife)
MANCHESTER – Dimitar Berbatov mengakui bila dirinya sudah tidak merasa tidak nyaman berada di Manchester United akhir-akhir ini. Pasalnya, ia kerap tidak dimainkan oleh sang pelatih Sir Alex Ferguson pada musim ini.

Seperti diketahui, musim ini memang musim yang cukup menyedihkan bagi seorang Berbatov. Pasalnya, ia kerap diparkir di bench oleh sang pelatih dan hanya diturunkan saat Setan Merah melawan tim-tim kecil saja. Hal ini jelas berbeda dengan musim lalu yang mana ia menjadi pemain andalan bagi United.

Dalam musim ini tercatat dirinya baru bermain sebanyak sepuluh kali saja bersama Setan Merah di ajang Premier League. Pemain asal Bulgaria ini harus kalah bersaingan dengan para pemain muda seperti Danny Welbeck dan Javier Hernandez pada tim inti United. Alhasil, keadaan tersebut membuatnya cukup tertekan dan tak merasa bahagia di United.

“Saya adalah pemain (Manchester) United, tetapi belakangan ini saya jarang mendapatkan kesempatan untuk bermain sebanyak yang saya harapkan. Saya tidak cukup bahagia dengan hal itu. Namun, saya tidak dapat menyalahkan siapapun, terutama di depan para media, “ ungkap Berba seperti dikutipSoccernet, Kamis (9/2/2012).

Mantan pemain Tottenham Hotspur ini memang diisukan akan pergi dari Old Trafford pada bursa transfer Januari kemarin. Namun pada akhirnya, Berba tetap bersama Manchester United dan sedikit berharap adanya perpanjangan kontrak pada bulan Maret mendatang.

“Tidak ada beberapa tawaran yang cukup konkret yang saya dapatkan. Saya telah mendengar akan kabar saya yang siap pindah ke klub lain pada musim panas nanti, tapi semua itu hanyalah spekulasi saja,” ujarnya.

“Namun, saya tidak tahu saya akan berapa lama di sini. Yang saya tahu ada klausal perpanjangan kontrak satu tahun yang otomatis aktif pada bulan Maret nanti. Selebihnya, tidak pernah tahu,” tandasnya.

Curhatan Bek Anyar Inter Usai Latihan Perdana

Kamis, 9 Februari 2012 08:08 wib
Juan Guilherme Nunes Jesus (kiri).(Foto: Daylife)
MILAN – Butuh waktu lama bagi Juan, untuk bisa melakukan latihan perdana di kamp Inter Milan di Appiano Gentile. Campur aduk perasaan yang tergambar, setelah menyelesaikan hal-hal administratif dengan manajemen Inter.

Sejatinya, Juan sudah resmi bergabung dari klub Brasil, Internacional, di akhir bulan Januari lalu, tapi butuh lebih dari sepekan untuk Juan bisa berlatih untuk yang pertama kalinya dengan punggawaNerazzurri lainnya.

Difensore berusia 20 tahun itu mengaku kelelahan tapi senang karena akhirnya bisa mulai kembali ke lapangan. Kendati hanya sebentar, Juan tak bisa menyembunyikan kebanggaannya bisa berlatih di klub sebesar Inter.

“Saya sedikit kelelahan, tapi saya merasa santai. Saya bahagia dan puas sudah bisa berlatih. Sudah cukup lama saya tidak kembali latihan. Meski lelah, tapi saya yakin segalanya akan mulai terbiasa,” tutur Juan.

Baru sekali dibesut Claudio Ranieri, Juan yakin akan mampu mengantarkan harapan klub, rekan-rekan dan terutama fans Inter yang fanatik untuk meraih yang terbaik. Juan tak ingin mengecewakan paraInteristi ketika nantinya dipercaya turun ke pertandingan.

“Saya suka atmosfer di sini. Saya ingin mengirimkan pelukan terhangat untuk para fans Nerazzurri,” tutupnya, sebagaimana dinukil Yahoosports, Kamis (9/2/2012).

Capello Bantah Mundurnya Karena Dihina FA

Kamis, 9 Februari 2012 07:41 wib
Fabio Capello. (Foto: Daylife)

Fabio Capello. (Foto: Daylife)
LONDON – Fabio Capello telah resmi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan timnas Inggris dan mencuat kabar bahwa dirinya merasa terhina dengan keputusan FA. Namun, pada akhirnya ia membantah kabar tersebut. Ia menegaskan kalau dirinya belum membuat sebuah pernyataan akan alasan dirinya mundur.

Seperti diketahui, dalam sebuah interviu Capello kepada media Italpress, ia mengungkapkan alasan dirinya mundur dari kursi kepelatihan timnas Inggris.

Dalam wawancara tersebut mengatakan bahwa Capello merasa terhina akan keputusan FA yang dengan sepihak melakukan pencopotan kapten timnas, John Terry, tanpa adanya persetujuan darinya. Hasil wawancara tersebut pun langsung banyak dikutip oleh media-media, salah satunya oleh Football-Italia.

Namun, tidak lama kemudian Capello membantah kabar tersebut. Ia menegaskan kalau dirinya tidak mengungkapkan alasan pengunduran dirinya dari kursi kepelatihan timnas Inggris kepada media manapun.

”Saya tidak pernah mengatakan hal apa pun dan saya memang tidak akan mengatakan hal apa pun juga,” kata Capello kepada kantor berita ANSA, Kamis (9/2/2012).

“Segala pemberitaan yang dikaitkan dengan nama saya dalam beberapa jam yang lalu, semuanya adalah salah. Saya meninggalkan Inggris dan saya tidak akan mengatakan hal-hal lainnya,” sambung pria asal Italia ini.

Sementara itu, anak Fabio Capello, Pierfilippo, mengatakan kalau pihaknya akan bertindak dengan serius dan berencana membawa semuanya ke ranah hukum bila ada pemberitaan yang tidak benar dengan bapaknya.

“Pemberitaan yang mengutip Fabio Capello pada website Football-Italia tidak lah benar. Kita akan mengambil tindakan atas semua pemberitaan ini,” kata Pierfilippo.

Selangkah Lagi Barca!

Kamis, 9 Februari 2012 04:56 wib
Bungkam Valencia 2-0 (agg 3-1) Barcelona maju ke final Copa del Rey.(Foto: Getty Images)

Bungkam Valencia 2-0 (agg 3-1) Barcelona maju ke final Copa del Rey.(Foto: Getty Images)
BARCELONA – Tak kurang dari 90 menit, jarak Barcelona dari trofi Copa del Rey. Sukses membungkam Valencia dengan agregat 3-1, Barca maju ke final dan sudah dinanti lawan terakhir, Athletic Bilbao.

Di babak pertama, Sofiane Feghouli membuka ancaman di menit ke-12. Tapi sayang, sepakannya hanya tipis ke sebelah kiri gawang José Pinto. Perlahan, tuan rumah mampu membalikkan possession bola dan permainan.

Barca memiliki peluang pertama di menit ke-16 melalui aksi Francesc Fábregas yang mendapat assistdari Lionel Messi. Setelah berduel dengan bek Valencia, tak diduga Fabregas mampu mengkonversi peluangnya menjadi gol. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

El Messiah menjadi momok bagi Kelelawar Mestalla. Tendangan bebasnya di menit ke-26, nyaris kembali menggandakan keunggulan. Beruntung Alves masih mampu membendung sepakan keras mendatar Messi.

Valencia benar-benar dalam tekanan dan dominasi Barca. Di menit ke-31, Fábregas yang terlibat kemelut di depan gawang Valencia, menyepak bola yang menghampirinya. Lagi-lagi Alves mampu menyelamatkan gawang Valencia. Skor 1-0 untuk Barca bertahan hingga jeda.

Memasuki 45 menit kedua, Valencia mulai mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Jordi Alba dan Aritz Aduriz nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-47. Tendangan Alba yang dimentahkan Pinto, liar menuju kaki David Albelda yang langsung kembali mengirim umpan. Sayang tandukan Aduriz mampu diamankan Pinto.

Messi punya kesempatan emas di menit ke-55 untuk memperbesar keunggulan. Sayang, akselerasinya mampu diganggu bek Valencia, sehingga sontekannya dengan mudah ditepis Alves keluar gawang.

Aduriz kembali punya kesempatan emas di menit ke-59 untuk menyeimbangkan kedudukan. Tapi sontekannya yang sudah melewati Pinto yang keluar sarang, masih mampu diamankan Javier Mascherano yang mengejar bola sebelum masuk ke gawang.

Valencia terpaksa bermain dengan 10 orang, usai Feghouli melakukan pelanggaran keras. Feghouli yang sudah menerima kartu kuning sebelumnya, harus dikeluarkan wasit David Fernandez Bobalan di menit ke-76.

Barca yang memiliki keuntungan, sukses menggandakan keunggulan di menit ke-81. Berawal dari aksi Lionel Messi dan Alexis Sánchez yang memberi sodoran bola ke Fabregas, sempat ditahan dan akhirnya dengan tidak egois, mantan kapten Arsenal itu memberikan bolanya lagi kepada Xavi Hernández yang berdiri bebas. Tanpa ragu Xavi menempatkan bola ke kanan gawang hingga tak mampu dijangkau Alves. Skor 2-0 untuk Barcelona.

Valencia sempat kembali membalas serangan dan hampir memperkecil keunggulan di menit ke-83 lewat sepakan bebas Tino Costa. Beruntung Pinto masih mampu memetik tendangan keras Tino Costa.

Messi lagi-lagi mencoba menggetarkan gawang Valencia di menit ke-85. Messi yang kembali mendapat tendangan bebas, sempat mengarahkan bola ke sudut sempit, tapi Alves masih mampu menghalaunya.

Skor pun tak berubah lagi hingga akhir pertandingan dan menjadikan agregat 3-1 untuk kemenangan Barcelona. Di final nanti, Blaugrana sudah ditunggu Athletic Bilbao yang menang agregat 8-3 atas Mirandés.

Susunan Pemain:
Barcelona: José Pinto, Carles Puyol, Eric Abidal, Gerard Piqué, Javier Mascherano, Francesc Fábregas/Andrés Iniesta (90’+2), Xavi Hernández, Thiago Alcântara, Lionel Messi, Alexis Sánchez/Daniel Alves (86’), Isaac Cuenca/Christian Tello (98’)

Valencia: Diego Alves, Miguel Brito, Jérémy Mathieu, Adil Rami, Jordi Alba, Victor Ruíz, David Albelda/Dani Pareja (85’), Éver Banega/Tino Costa (69’), Sofiane Feghouli, Aritz Aduriz, Jonas Oliveira/Pablo Piatti (79’)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s