Berita hari ini

Sambut Sail Derawan 2013, Berau Percepat Bandara

Selasa, 7 Februari 2012 – 11:26 wib
Bandara Kalimarau (Foto: pesan-tiketpesawat.blogspot)

Bandara Kalimarau (Foto: pesan-tiketpesawat.blogspot)

KEINDAHAN wisata laut di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur rupanya menjadi salah satu tujuan wisata bahari di Indonesia. Guna mendongkrak kunjungan wisatawan, kapubaten ini memercepat pembangunan bandara.

Selain Pulau Derawan yang dikenal sebagai kawasan terumbu karang, beberapa pulau lainnya juga menawarkan beragam keindahan yang bisa dinikmati seperti Pulau Kakaban, Maratua, dan Sangalaki yang dulunya dikenal sebagai kawasan terumbu karang terbaik.

Untuk mendongkrak kunjungan wisata ke pulau tersebut, Pemkab Berau sedang memprioritaskan percepatan pembangunan bandara di Pulau Maratua dan Tanjung Redeb. Bandara tersebut juga dipersiapkan menyambut Sail Derawan 2013.

Bupati Berau Makmur mengatakan, kedua bandara ini ditargetkan dapat beroperasi pada 2013. Bandara Kalimarau yang sekarang ada akan dikembangkan menjadi bandara internasional. Sementara bandara baru dibangun di Pulau Maratua, yang masuk dalam gugusan Kepulauan Derawan.

“Bandara kan sebagai salah satu infrastruktur pendukung, untuk memermudah wisatawan sehingga mereka senang datang ke Berau,” ujar Makmur.

Bandara Kalimarau di Tanjung Redeb sebagai pusat Kabupaten Berau, saat ini memiliki landasan pacu sepanjang 2.600 meter dan lebar 30 meter. Biasanya hanya pesawat jenis ATR dan Boeing 737-500 yang dapat mendarat di Kalimarau.

Agar dapat didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 737-900 dan Airbus A330, landasan pacu akan diperlebar menjadi 45 meter dengan panjang 3.000 meter. Terminal penumpang juga akan diperbesar. Total anggaran mencapai Rp600 miliar dari APBD Berau.

“Saat ini terminal penumpang sedang dibangun. Izin-izin dan keperluan bea cukai juga sedang diurus. Harapannya selesai 2013, sehingga dapat digunakan untuk Sail Derawan,” ungkapnya.

Adapun Bandara Maratua yang saat ini sedang dibangun rencananya memiliki landasan pacu sepanjang 1.500 meter, dan dapat didarati pesawat jenis ATR yang berkapasitas 30–50 penumpang. Pembangunannya diperkirakan menghabiskan anggaran hingga Rp200 miliar.

Menurut Makmur, dengan dibangunnya bandara ini, turis dapat langsung terbang ke Pulau Maratua dari Tanjung Redeb. Biasanya perjalanan ke Maratua memakan waktu enam jam dengan kapal cepat dari Tanjung Redeb atau dua jam dari Pulau Derawan.

”Pembangunannya bisa lebih cepat karena fondasi tanahnya kuat,” kata Makmur.

Wisatawan yang pergi ke Kepulauan Derawan umumnya untuk menikmati keindahan pantai, melihat penyu hijau (Chelonia mydas) di Derawan dan Maratua, serta menyelam untuk menyaksikan ubur-ubur tanpa sengat di Kakaban dan ikan pari di Sangalaki.

Pulau Maratua merupakan pulau terluas dengan penduduk 3.240 jiwa atau 808 kepala keluarga di empat kampung, yakni Payung- Payung, Teluk Harapan, Bohe Silian, dan Bohe Bukut. Empat kampung itu memiliki keistimewaan kawasan terumbu karang terbaik di laut dalam dengan palungpalungnya di kedalaman puluhan hingga ratusan meter.

“Untuk Maratua, penunjang wisata ekowisata dan laut tiap kampung memiliki homestay bagi turis atau pengunjung domestik. Ada 18-20 homestay di tiap-tiap kampung,” kata Camat Maratua Kudarat.

Menurut Kudarat, di Pulau Maratua sedikitnya ada empat investor asing yang mengelola pengembangan wisata laut, yakni Malaysia mengelola Resor Paradise, Jerman untuk Resor Naboko, investor dari Italia, dan satunya lagi dari dalam negeri.

“Yang lagi berkembang itu di Kampung Bohe Silian. Di sana sedang dikembangkan kawasan wisata terumbu karang,” ucapnya.

 

Irfan Hakim Menyesal Jika Ferry Maryadi-Deswita Batal Nikah

Selasa, 7 Februari 2012 – 11:26 wib
okezone.com

Deswita Maharani & Ferry Maryadi (Foto: Mega Laraswati)

JAKARTA – Ternyata, Irfan Hakim menjadi aktor di balik pernikahan siri Ferry Maryadi dan Deswita Maharani. Dirinya yang memaksa Ferry untuk segera menikahi Deswita, sebelum ibundanya meninggal dunia.

Irfan menceritakan, awal mula ide itu permintaan ibunda Deswita yang menitipkannya kepada Irfan. Dia pun meminta Ferry untuk segera menikahi Deswita.

“Hari itu mama nya bilang titip Deswita, gue bilang harus secepatnya menikah sebelum menyesal, dari situ gue telepon Ferry kapan akan menikah akhirnya tanggal 15 Januari mereka melangsungkan pernikahan di ruang ICU di depan mamanya, sampai mamanya meneteskan air mata. Enggak lama setelah itu mamanya meninggal,” jelas Irfan ditemui di studio hanggar, Pancoran, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2012) malam.

Kata Irfan, dirinya termasuk salah seorang yang vokal menuntut keduanya segera menikah. Apalagi melihat usia mereka yang telah masuki kepala tiga, dan hubungan yang terjalin cukup lama.

“Gue termasuk capek melihat mereka pacaran, salah satu yang frontal dan vokal menanyakan kapan mereka menikah, umur itu ada batasnya,” paparnya

Jika tidak melangsungkan pernikahan di rumah sakit, Irfan yakin Ferry dan Deswita akan menyesal. Pun begitu dengan dirinya.

“Kalau mereka enggak menikah bukan mereka saja yang menyesal, tapi gue juga menyesal, gue lega banget akhirnya jadi dilangsungkan pernikahan secara agama,” tutupnya.

Setelah melangsungkan nikah siri dadakan di rumah sakit, Deswita Maharani dan Ferry Marriadi melangsungkan akad nikah secara sah menurut negara dan agama pada 3 Februari 2011. Mereka menikah di kediaman sepupu Deswita di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

 

Pefindo Garap Pemeringkatan 5 Obligasi Rp10 T

Selasa, 7 Februari 2012 11:25 wib
Logo Pefindo. (Foto: Pefindo)

Logo Pefindo. (Foto: Pefindo)
JAKARTA – PT Peringkat Efek Indonesia (Pefindo) tengah melakukan pemeringkatan terhadap lima penerbitan obligasi senilai Rp10 triliun.

“Dari Januari hingga minggu awal Februari kami sudah dapatkan lima issuer dengan total nilai obligasi mencapai Rp10 triliun,” ungkap Direktur Utama Pefindo Ronald Tauviek A Kasim, saat Media Forum di kantornya, Senayan, Jakarta, Selasa (7/2/2012).

Dijelaskannya, issuer yang tengah digarap oleh Pefindo mayoritas bergerak di sektor finansial. Selain itu, tidak ketinggalan juga yang berasal dari sektor consumer goods.

Diperkirakan, selama 2012 total nilai obligasi yang akan dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia mencapai Rp50 triliun. Sedangkan untuk medium term notes bisa mencapai Rp5 triliun. “Sementara tahun lalu total nilai obligasi dan MTN sebesar Rp51 triliun,” tambahnya.

Kenaikan nilai emisi obligasi di 2012 terjadi karena akan ada obligasi jatuh tempo senilai Rp20 triliun hingga Rp25 triliun. Dengan jumlah sebesar itu, Pefindo melihat bahwa perusahaan tersebut akan kembali terbitkan obligasi.

“Suku bunga di Indonesia kan trennya menurun dan ini akan memberikan dampak positif kepada perusahaan yang mau menerbitkan obligasi,” tandasnya.

KMPA ITB: Angelina Gunakan Alat Standar Arung Jeram

Selasa, 7 Februari 2012 11:30 wib
Angelina Yofanka (Repro: okezone/Iman Herdiana)

Angelina Yofanka (Repro: okezone/Iman Herdiana)

BANDUNG – Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Ganesha Institut Teknologi Bandung (ITB) memastikan Angelina Yofanka, mahasiswi ITB yang hanyut saat arung jeram di Garut, Jawa Barat, mengenakan perlengkapan lengkap saat melakukan mengarungi Sungai Cikandang, Kecamatan Pakenjeng, Garut, Jawa Barat.

“Pada kejadian Minggu (5 Februari) lalu. Angelina mengenakan standar lengkap seperti helm, pelampung, dayung di perahu,” kata Ketua Infokom Satkorlak Operasi SAR Cikandang KMPA Ganesha ITB, Johan Santoso di Sekretariat KMPA Kampus ITB, Selasa (7/2/2012).

Johan menuturkan, Fanka mengikuti arung jeram bersama KMPA yang saat itu melakukan latihan gabungan dangan kelompok pecinta alam lainnya.

“Waktu itu berangkat dari KMPA Kampus ITB, tapi mengenai kronologisnya lebih baik dari Lembaga Kemahasiswaan ITB. Tim masih sibuk melakukan pencarian,” tutupnya.

Tim SAR gabungan dari ITB, Wanadri, dan Kepolisian hingga siang ini masih mencari mahasiswi Teknik Kelautan angkatan 2009 itu. Menurut keterangan beberapa saksi, Angelina hanyut saat perahu karet yang ditumpangi bersama lima rekannya terbalik di daerah Leuwi Peer, Kampung Cibihbul, Desa Tanjungjaya.

Angelina diduga terhimpit di bebatauan dan tidak muncul ke permukaan, sementara lima rekannya selamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s