berita hari ini

Takut Dimanfaatkan, IPO Pegadaian Ditunda

Selasa, 31 Januari 2012 12:26 wib
Ilustrasi.

Ilustrasi.
JAKARTA – Penawaran saham perdana (Intial Public Offering/IPO) PT Pegadaian yang sedianya dilakukan tahun ini, nampaknya batal dilaksanakan. Hal tersebut diambil supaya ada pertimbangan dan pemikiran yang lebih matang mengenai IPO.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan, ditundanya IPO ini karena ditakutkan Pegadaian akan jatuh pada perusahaan yang hanya mencari profit atau untung semata.

“IPO-nya ditunda dengan maksud supaya ada pemikiran matang, Pegadaian ini memerlukan dana. Jangan sampai jatuh pada perusahaan yang orientasinya laba,” jelas Dahlan saat konferensi pers di Kantor Kemenko, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Lebih lanjut dia mengatakan, Pegadaian bukan lah perusahaan yang mencari untung semata, tetapi juga untuk menolong orang kecil, dengan alasan inilah IPO Pegadaian ditunda pada tahun ini.

Di kesempatan yang sama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, Pegadaian adalah perusahaan yang sangat sehat, namun mengingat fungsi pegadaian yang menolong rakyat kecil, IPO-nya pun diputuskan untuk ditunda.

“Pegadaian perusahaan yang sangat sehat, tapi mengingat fungsi pegadaian karena disamping misi mencari profit semata, pembahasan kita tunda, mencari cara lain,” pungkasnya.

pekerjakan Anak di Bawah Umur, Orangtua Perhatikan Ini

Selasa, 31 Januari 2012 12:28 wib
detail berita

Model kecil (Foto: Google)

BANYAK orangtua mengabaikan hak-hak anak yang sesungguhnya ketika buah hatinya turut bekerja di ranah profesional. Padahal, ada beberapa aspek penting yang perlu mereka pegang.

Dewasa ini, tak sedikit anak di bawah usia yang turut bekerja layaknya orang dewasa. Umumnya mereka berkarier di dunia entertainment dengan menjajal profesi sebagai model hingga artis. Sayangnya, hal itu tak didukung dengan perlindungan orangtua yang meng-cover seluruh kebutuhan anak secara kafah.

Banyak orangtua lebih mengikuti keinginan setiap anak ketimbang melihat mereka kecewa dan marah. Padahal, tidak selamanya hal tersebut harus dituruti.

Psikolog anak Seto Mulyadi mengatakan, bahwa mengembangkan bakat anak merupakan tugas orangtua yang perlu didukung terhadap pertumbuhan diri seorang anak. Namun, pengembangan yang berlebihan dapat berdampak tidak baik bagi psikologis anak. Tanpa disadari, dengan memerkerjakan anak di bawah umur secara berlebihan hal tersebut justru menyebabkan anak melakukan pemberontakan.

“Anak memiliki haknya untuk tetap menjalani hari-hari sebagai seorang anak, namun demi membantu ekonomi keluarga harus bekerja. Apabila, anak tersebut menyukainya tidak apa-apa, namun bila anak sudah mengeluh, orangtua harus memerhatikan hal tersebut,” tutur pria yang akrab disapa Kak Seto kepada okezone melalui sambungan seluler, Senin (30/1/2012).

Jika dibiarkan terus- menerus, pemberontakan anak akan bersifat ekstrem pada akhirnya. Reaksi tersebut dapat menimbulkan dua hal yaitu reaksi fight dan reaksi flight, di mana pada reaksi fightseorang anak akan melakukan pemberontakan, melawan, dan marah. Sedangkan, reaksi flight anak akan merasakan terbang tidak memerdulikan kembali lingkungan sekitar.

“Dua reaksi ini dapat selalu terjadi pada sifat anak, oleh karena itu orangtua harus rajin melakukan komunikasi atau dialog khusus dengan anaknya,” lanjutnya.

Kak Seto mengingatkan, bahwa orangtua mesti tahu jika anak yang berusia di bawah 18 tahun masih dikategorikan dalam anak di bawah tahun. Jadi segala sesuatu yang mereka rasakan dan inginkan masih dalam pengaruh emosi semata.

“Jadi, seharusnya pada saat penandatanganan kontrak kerja untuk sang buah hati, sebaiknya orangtua mencantumkan hak anak di mana mereka memiliki kebebasan untuk bermain di usianya dan mengatasi kontrol emosi di masanya,” tutup Kak Seto.

 

 

IAI Buka Lowongan Anggota DSAK

Selasa, 31 Januari 2012 12:21 wib
Ilustrasi

Ilustrasi
JAKARTA – Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) membuka kesempatan kepada akuntan Indonesia terbaik untuk bergabung dalam jajaran Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI periode 2012-2016. Batas waktu pendaftaran calon anggota DSAK-IAI ditutup 3 Februari 2012.

DSAK IAI adalah badan yang berwenang menyusun standar akuntansi keuangan untuk entitas privat di Indonesia. Saat ini agenda utama profesi yang sedang diemban oleh DSAK adalah melanjutkan program konvergensi ke International Financial Reporting Standards (IFRS) serta melakukan pengembangan standar akuntansi keuangan sesuai dengan kebutuhan nasional.

Direktur Eksekutif IAI Elly Zarni Husin mengemukakan, proses seleksi merupakan wujud governanceorganisasi yang menganut asas transparansi dalam pengangkatan anggota DSAK.

“Mengingat produk DSAK-IAI adalah kebijakan publik yang dapat mempengaruhi perekonomian negara, IAI memastikan proses rekrutmen anggota DSAK mengakomodir seluruh konstituennya,” jelas dia dalam keterangan tertulisnya kepada okezone, di Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Komposisi anggota DSAK terdiri dari akuntan publik, akuntan manajemen, akademisi, akuntan sektor publik, wakil dari instansi pemerintah, asosiasi bisnis, serta lembaga non pemerintah yang berkepentingan dengan pengembangan SAK.

Seleksi berlangsung dalam dua tahapan, pertama adalah seleksi administratif atas kelengkapan persyaratan dan kualifikasi, selanjutnya adalah seleksi kapabilitas dan kompetensi yang akan dilaksanakan dengan metode wawancara oleh Ketua DSAK IAI beserta anggota Dewan Pengurus Nasional IAI dan Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK IAI).

Dia menambahkan kandidat yang tertarik untuk bergabung menjadi DSAK harus memiliki pengetahuan yang mendalam dan kompetensi teknikal mengenai akuntansi dan pelaporan keuangan, memiliki tingkat intelektual, integritas, dan disiplin yang tinggi, memiliki temperamen judisial, dan mampu untuk bekerja dengan suasana kolegial sehingga mampu menunjukkan sikap peduli, bijaksana, dan penuh pertimbangan atas pandangan anggota lain dan konstituen.

Selain itu, sambungnya, kualifikasi yang dibutuhkan adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga dapat berinteraksi secara efektif terhadap anggota dan konstituen, memiliki pemahaman lingkungan bisnis dan pelaporan keuangan.

Kemudian mempunyai komitmen untuk menjalankan misi DSAK dan IAI, serta bersedia mendahulukan kepentingan menegakkan citra profesi akuntansi dan kepentingan menciptakan standar pelaporan keuangan yang bernilai tinggi diatas kepentingan lainnya.

“Anggota DSAK-IAI harus secara sukarela dengan tanpa kompensasi bersedia mencurahkan waktu untuk menjalankan tugasnya sebagai anggota DSAK dan bersedia menjalankan tugasnya dengan berpegang pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga serta Peraturan Organisasi IAI,” ujarnya.

Elly menuturkan tugas dan tanggung jawab anggota DSAK IAI adalah melakukan perumusan, pengembangan, dan pengesahan Standar Akuntansi Keuangan; dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan Standar Akuntansi Keuangan dari pemerintah, asosiasi, dan lembaga luar negeri.

“Kandidat wajib menyerahkan surat permohonan dan kesediaan untuk berkomitmen, daftar riwayat hidup, dan surat rekomendasi dari tempat bekerja saat ini,” ujarnya.

“Cepat Atau Lambat, Neymar Pasti ke Barca”

Selasa, 31 Januari 2012 12:21 wib
Foto: Neymar da Silva Santos Junior (kiri)/ Getty Images

Foto: Neymar da Silva Santos Junior (kiri)/ Getty Images
SOROCABA – Sebuah jaminan terkait Neymar, disampaikan legenda hidup Brasil dan Barcelona, Marinho Peres. Meski Barcelona harus menunggu, tapi Marinho memberi agunan bahwa Barcelona akan menjadi klub Eropa pertama Neymar.

Neymar menjadi prospek panas tim-tim Eropa. Akan tetapi, Santos – klub Neymar saat ini, serta sang pemain sendiri, masih belum merasa siap untuk menerima pinangan klub-klub top Eropa, seperti Real Madrid dan Barcelona.

Barcelona sendiri pada akhirnya menjadi pilihan utama, seperti yang diutarakan Santos dan Neymar sendiri. Meski kesepakatan masih jauh dari kata rampung, tapi Barcelona masih dalam progres dengan Santos, demi mendatangkan Neymar secepatnya.

“Saya berteman baik dengan para ofisial Santos, oleh karena itu saya bisa bilang bahwa transfer Neymar ke Barcelona, sudah dalam tahap kemajuan,” tutur Marinho, sebagaimana dikutip Goal, Selasa (31/1/2012).

“Jadi, cepat atau lambat, Neymar akan bermain bersama Barca. Dia punya talenta yang luar biasa dan dia akan menjadi pemain besar di Cam Nou,” imbunya optimistis.

Akan tetapi, seperti yang diurakan di atas, Barcelona masih harus bersabar. Selain Neymar yang masih ingin mematangkan kualitasnya, negaranya sendiri masih membutuhkannya. Apalagi saat ini,Seleção – julukan timnas Brasil, tak punya pemain yang merumput di negeri sendiri, selain Neymar jelang Piala Dunia 2014 di Brasil.

“Brasil butuh Neymar untuk bertahan. Sudah seperti sesuatu yang diminta negeri ini sendiri, karena tak ada pemain di timnas Brasil yang bermain di negeri sendiri,” tambah legenda berusia 64 tahun tersebut.

“Karena itulah Santos amat berupaya untuk Neymar agar bermain terus di Brasil, setidaknya hingga 2014, tepatnya sampai Piala Dunia,” pungkas Marinho.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s