BERITA TERBARU HARI INI

Ayatullah Ali Khamenei Dituduh Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Rabu, 25 Januari 2012 07:30 wib
Ayatullah Ali Khameni (Foto: Reuters)

Ayatullah Ali Khameni (Foto: Reuters)
WASHINGTON – Reza Pahlevi yang kini menjadi lambang terakhir dari Shah Iran, menyerahkan laporan kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang menuduh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khameni melakukan kejahatan kemanusiaan.

Laporan terhadap Ayatullah Ali Khamenei itu dilayangkannya setelah pemimpin tertinggi Iran itu dianggap menekan rakyat, usai terjadinya kerusuhan pascapemilu pada Juni 2009 silam.
Menurut Putra Mahkota Dinasti Shah Iran ini, laporan kepada DK PBB itu disertai dengan bukti agar DK PBB bersedia menangani masalah ini secepatnya. Dirinya pun mendesak agar tuduhan tersebut diajukan kepada Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag, Belanda.
“Selama tiga puluh tahun terakhir dia yang menyebut dirinya sebagai Pemimpin Tertinggi Republik Iran, mengimplementasikan kebijakan kekerasan kepada etnis minoritas dan pemeluk agama minoritas,” jelas Reza Pahlevo seperti dikutip PR Newswire, Rabu (25/1/2012).
“Hari ini saya mendesak kepala negara dari anggota DK PBB, untuk mengajukan kejahatan ini kepada Pengadilan Kriminal Internasional sesuai dengan Ayat 13 (b) dari Statuta Roma demi mengajukan penyelidikan penuh atas kejahatan yang dilakukan pemimpin Iran terhadap warga sipil,” imbuhnya.
Reza Pahlevi menambahkan bahwa rakyat Iran sudah terlalu lama menderita. Dirinya menilai rakyat amat membutuhkan dukungan dan bantuan dari dunia internasional.
“Saya mendesak dunia untuk mengambil tindakan terhadap Iran, khususnya kepada negara anggota DK PBB untuk segera mengambil tindakan atas laporan ini,” ungkapnya.
Putra Mahkota yang saat ini tinggal di Amerika Serikat (AS) itu berniat untuk segera menyertakan dokumentasi yang mendukung aksi kekerasan terhadap warga Iran.

Harga Emas Antam Kembali Turun

Rabu, 25 Januari 2012 10:27 wib
 1  10 Email0 Emas. Foto: Okezone
Emas. Foto: Okezone
JAKARTA – Tren penurunan harga emas dunia membuat harga emas di Indonesia juga mengalami penurunan. Hari ini, harga emas PT Antam Tbk turun sebesar Rp2 ribu per gram.

Seperti dikutip dari logammulia.com, Rabu (25/1/2012), harga emas untuk ukuran satu kilogram (kg) turun sebesar Rp2 ribu menjadi Rp497 ribu per gram dibandingkan kemarin yang ada di Rp499 ribu.

Begitu juga untuk emas ukuran lima gram, turun menjadi Rp507.500 per gram dibandingkan hari sebelumnya Rp509.500.

Di sisi lain, harga emas dunia masih stagnan seiring melemahnya nilai mata uang tunggal Eropa, euro. Pelaku pasar tampaknya menunggu hasil pertemuan bank sentral AS, The Fed.

Seperti dilansir dari Reuters, harga emas berada di posisi USD1.665 per ounce. Padahal sebelumnya, harga emas mencetak rekor tertingginya dalam enam pekan terakhir di USD1.681,16. Sementara harga emas di AS bergerak USD1,4 menjadi USD1.665,9.

Warren Buffett pun Unjuk Kebolehan Bernyanyi

Rabu, 25 Januari 2012 08:18 wib
Warren Buffett. Foto: Reuters

Warren Buffett. Foto: Reuters
NEW YORK – Dunia mengenal sosok Warren Buffett sebagai seorang investor kawakan yang telah berhasil mengembangkan perusahaan investasinya,Berkshire Hathaway.Tapi,tak ada yang menyangka jika pria berusia 81 tahun itu ternyata pandai bernyanyi sambil memainkan ukulele.

Kepiawaian Buffett dalam memetik dawai ukulele dan melantunkan lagu itu dia perlihatkan pada acara gala tahunan menyambut pergantian Tahun Baru Imlek di China, Minggu (22/1) waktu setempat.

Lewat sebuah video berdurasi 45 menit,pria asal Omaha, Nebraska,Amerika Serikat (AS) itu terlihat duduk sambil memetik ukulele di depan miniatur jalur kereta api. Dia menyanyikan I’ve Been Working on the Railroad,yang ditayangkan di stasiun televisi CCTV.”I’ve been working on the railroad,all the livelong day.I’ve been working on the railroad, just to pass the time away,” begitulah Buffett menyanyikan lagu itu dengan suara serak. Lagu itu dipilih Buffett tentu bukan tanpa alasan.

Lagu itu seolah mewakili usaha suami Astrid Menks itu dalam mengakuisisi operator rel kereta Burlington Northern Santa Fe pada 2009 dan pujiannya terhadap efisiensi China. Tahun lalu,kepada DealBook, Buffett sempat mengatakan bahwa China memiliki orangorang yang sangat berbakat dan pekerja keras. ”Xie xie,”ujar Buffett setelah menyelesaikan lagu itu,seperti dikutip New York Times.

“Xie xie” adalah ucapan bahasa Mandarin yang berarti terima kasih. Penampilan Buffett dalam acara gala itu tampaknya sudah ditunggu banyak orang setelah Xinhua melaporkan rencana penampilan itu pada 5 Januari lalu.”Kita semua tahu bahwa Buffett itu berbakat dalam investasi,tapi hanya sedikit yang tahu kalau dia bisa menyanyi dengan baik,”papar Wang Pingjiu,eksekutif produser Spring Festival Web Gala yang menyelenggarakan acara itu kepada Xinhua.

Video nyanyian Buffett itu sebenarnya direkam untuk acara jamuan makan malam amal tahun lalu yang diselenggarakan investor media China, Wu Zheng dan istrinya,Yang Lan,seorang presenter televisi.CCTV lantas meminta Wu untuk mengajak beberapa pesohor internasional agar turut serta dalam gala online itu.Wu lantas meminta izin Buffett untuk menayangkan video itu dan ternyata investor kawakan itu menyetujuinya. Buffett sebenarnya tak pernah malu memperlihatkan bakat musiknya.

Dia pernah dikabarkan memainkan ukulele dalam beberapa acara yang digelar Berkshire Hathaway.Dia juga pernah muncul dalam sebuah iklan televisi di AS untuk sebuah perusahaan asuransinya,dengan berpura-pura menjadi Axl Rose.”Jujur saja, penampilannya itu tidak terlalu banyak menunjukkan bukti kalau dia benar-benar bisa menyanyi,” tulis Christian Science Monitor.

Buffett dilihat sebagai investor model bagi orang kaya China,yang banyak dari mereka berharap bisa menyamai guru investasi itu di tengah booming ekonomi Negeri Panda itu.Perusahaan Buffett, Berkshire Hathaway,adalah pemilik sebagian BYD,perusahaan berbasis di Shenzhen, yang membuat kendaraan listrik E6,yang sahamnya naik 33 persen tahun ini.

Kisruh Sedot Pulsa, Pendapatan XL Anjlok

Rabu, 25 Januari 2012 11:25 wib
Ilustrasi. Corbis.

Ilustrasi. Corbis.
JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengungkapkan jika pendapatan 2011 naik enam sampai delapan persen dibanding 2010.

Direktur Utama XL Hasnul Suhaimi mengatakan pendapatan yang naik tipis tersebut salah satunya diakibatkan oleh turunnya kontribusi yang berasal dari content hingga 80 persen.

“Content turun 80 persen. Yang salah satunya masalah sedot pulsa waktu itu. Karena ada sedikit kesalahan, semua kena,” katanya saat ditemui di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Selain content yang tercatat menurun, penurunan juga terjadi di penggunaan telepon atau voice. “Nah yang naik itu layanan data. Tapi senaik-naiknya, layanan data itu base-nya kecil,” imbuhnya.

Adapun saat ini kontribusi pendapatan yang berasal dari data dan internet sebesar 21 persen, layanan suara sebesar dua persen dan yang berasal dari Ring Back Tone (RBT), dan sms premium sebesar 26 persen.

Informasi saja, tahun ini, perusahaan menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp6 triliun. Dana tersebut diperoleh dari kas internal perusahaan. “Cash flow kita positif. Posisi tahun lalu Rp9 triliun-Rp10 triliun. Jadi masih cukup,” tandasnya.

Mendag Tidak Tahu Ada Bawang Merah Impor

Rabu, 25 Januari 2012 11:24 wib
Ilustrasi.

Ilustrasi.
JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku tidak mengetahui adanya impor bawang merah yang masuk ke pasar Indonesia.

Demikian diungkapkan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, kala ditemui dalam acara pertemuan dengan Minister for European Affairs and Foreign Trade of Finland Alexander Stubb, dan Minister of Foreign Affairs of Estonia.

“Memang ada ya? Di pasar mana? Saya kemarin keliling pasar di Jawa Tengah tidak ada tuh bawang merah impor. Nanti kita pelajari dan kaji dulu di mana hal itu ditemukan,” ungkapnya di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Gita pun menjelaskan bila segala sesuatunya bisa diproduksi di dalam negeri, maka impor tersebut tidak perlu dilakukan. “Makanya nanti kita kaji lagi, supaya tidak simpang siur. Kalau segala sesuatunya bisa diproduksi di sini ngapain musti impor,” paparnya.

Sebelumnya, impor bawang dilakukan karena Indonesia masih mengalami kekurangan produksi bawang putih. Menteri Pertanian Suswono menyatakan akan membeli bawang merah milik petani sebanyak 12 ton.

Untuk tiap kilogramnya (kg), bawang merah tersebut akan dibeli Rp7.000 sampai di tempat. Pembelian ini dilakukan untuk mendongkrak harga bawang merah di tingkat petani yang saat ini berkisar antara Rp3.000-Rp4.000 per kg.

“BEP bawang merah itu sekira Rp6.000 per kg. Dengan harga yang Rp3.000-Rp4.000 tersebut pasti petani rugi. Padahal harga bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati tembus Rp15 ribu,” kata Suswono.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mempengaruhi psikologi pasar, pembelian bawang itu juga dimaksudkan agar ke depan diciptakan pasar-pasar tani. Tujuannya, untuk memperpendek rantai tata niaga.

Ada OJK, LPS Bakal Ikut Pantau Bank

Rabu, 25 Januari 2012 11:20 wib
Ilustrasi

Ilustrasi
JAKARTA – Hadirnya lembaga pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memberikan wewenang lebih kepada LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan) untuk melakukan pemeriksaan kepada perbankan.

Ketua LPS Firdaus Djaelani menjelaskan dalam UU OJK disebutkan LPS boleh melakukan pemeriksaan kepada perbankan, di mana saat ini dalam UU LPS, LPS hanya boleh masuk ke dalam bank jika bank tersebut sudah termasuk dalam pengawasan khusus.

“Nanti dengan adanya OJK, kewenangan kita lebih luas, memeriksa ke bank, kalau UU LPS hanya berkunjung ke bank ketika termasuk pengawasan khusus untuk analisis bank,” ungkap Firdaus dalam rapat bersama Komisi XI DPR RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Lebih lanjut Firdaus mengaku akan lebih mempersiapkan organisasinya untuk dapat terjun langsung dalam pemeriksaan bank nantinya. Dan juga perlindungan terhadap nasabah adalah prioritas LPS untuk ke depannnya.

“Program penjamin ini benar melindungi nasabah, kami akan meningkatkan pengawasan likuidasi bank, meningkatkan SDM, IT kami,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s