Kecelakaan Maut di Gambir

Foke Tak Mampu Beri Rasa Aman kepada Pejalan Kaki

Selasa, 24 Januari 2012 09:01 wib
Xenia maut di Tugu Tani (Foto: Tri Kurniawan/Okezone)

Xenia maut di Tugu Tani (Foto: Tri Kurniawan/Okezone)

JAKARTA – Polisi telah memastikan bahwa kecelakaan maut di Jalan Ridwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat, disebabkan pengemudi out of control setelah menenggak miras dan mengonsumsi narkoba.

Namun begitu, insiden yang menewaskan sembilan orang itu dinilai sebagai sentilan buat Gubernur DKI Fauzi Bowo yang dituding tak mampu memberi rasa aman kepada pejalan kaki.

“Bagaimana mungkin mobil bisa dipacu secepat itu di jalan perkotaan? Dan kenapa dia (mobil) bisa naik ke jalur pejalan kaki? Ini kan aneh. Jadi bagaimana pun ini tanggung jawab Gubernur DKI,” kata anggota Komisi V DPR Akbar Faisal kepada okezone, Selasa (24/1/2012).

Akbar menjelaskan, seharusnya di jalur perkotaan sudah dilengkapi bermacam rambu dan piranti untuk memberi rasa aman bagi semua pengguna kendaraan roda empat, roda dua, termasuk pejalan kaki.

Selain terdapat pembatas jalan raya dengan trotoar untuk pejalan kaki, kata Akbar, idealnya terrdapat peringat dini bila pengendara melampaui kecepatan tertentu. “Walaupun, secara keseluruhan ini menunjukkan bagaimana luar biasa cerobohnya pengendara,” ujarnya.

Kecelakaan maut yang terjadi di jalur padat seperti kawasan Gambir ini, kata Akbar, juga menunjukkan lemahnya langkah yang dilakukan pemerintah Provinsi.

“Apa yang dilakukan Gubernur menjadi sebuah anomali dalam pengelolaan sistem transportasi di Jakarta. Saya membayangkan begitu tidak manusiawinya jalur pejalan kaki. Bagaimana mungkin kendaraan bisa masuk dan melukai pejalan kaki,” sesalnya.

Meskipun, Akbar mengakui permasalahan lalu lintas di Jakarta cukup kompleks. Meliputi minimnya kehati-hatian pengendara, ketegasan dari petugas lalu lintas, kemacetan, dan lain-lain.

Karenanya, dia berpesan bagi tokoh-tokoh yang berniat maju sebagai calon Gubernur DKI untuk bisa introspeksi kemampuan mengatasi minimal dua masalah pokok di Jakarta. “Lihat-lihat dululah, mampu enggak ngatasi banjir dan macet?” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s