bola hari Ini

Madrid Jadikan Bilbao Pelampiasan

Achmad Firdaus – Okezone
Senin, 23 Januari 2012 05:15 wib
 4  78 Email0
Foto: Cristiano Ronaldo turut berkontribusi dalam kemenangan 4-1 Madrid atas Bilbao dengan dua golnya dari titik penalti/Getty Images

Foto: Cristiano Ronaldo turut berkontribusi dalam kemenangan 4-1 Madrid atas Bilbao dengan dua golnya dari titik penalti/Getty Images
MADRID – Real Madrid berhasil bangkit dari keterpurukan usai dikalahkan Barcelona di Santiago Bernabeu di ajang Copa del Rey. Athletic Bilbao menjadi pelampiasan kemarahan El Real di Bernabeu, dengan skor mencolok 4-1.

Madrid menjamu Bilbao di Estadio Santiago Bernabeu dengan membawa luka usai dikalahkan rival abadinya, Barcelona 1-2 di leg pertama perempatfinal Copa del Rey, Kamis dini hari kemarin.

Dalam pertandingan kali ini, Mourinho memutuskan tidak membawa Pepe yang tengah jadi sorotan usai ulahnya menginjak tangan Lionel Messi di laga El Clasico yang dimenangkan Barca 1-2. Bek internasional Portugal ini bahkan tidak dimasukkan dalam daftar pemain cadangan El Real.

Sebagai gantinya, Mou memainkan bek muda Raphael Varane untuk berduet dengan Sergio Ramos di jantung pertahanan. Di lini tengah, Mou juga mempercayakan Ricardo Kaka sebagai srtartet untuk mendukung kinerja lini depan yang ditempati Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Madrid memang mampu tampil dominan di awal laga. Namun, mereka dibuat ketar-ketir setelah Bilbao di luar dugaan mampu mencetak gol lebih dulu melalui Llorente di menit ke-13. Tendangan voli striker internasional Spanyol menyambut umpan silang Javi Martinez tidak mampu dimentahkan kiper sekaligus kapten tim, Iker Casillas.

Tersentak dengan keunggulan 1-0 Bilbao, Madrid langsung meningkatkan tempo serangan demi mencetak gol balasan. Hasilnya, pada menit ke-24 Madrid sukses menyamakan kedudukan melalui Marcelo yang memperdaya kiper Bilbao, Gorka Iraizoz usai memainkan umpan satu dua dengan Benzema.

Skor sama kuat membuat Madrid kian bersemangat membalikkan keadaan. Di menit ke-37, Kaka mendapat peluang emas membawa Madrid unggul. Sayang, tembakan bintang Brasil ini hanya menerpa sisi gawang.

Satu menit berselang, Bilbao gantian mendapat peluang emas. Sayang, Llorente yang berdiri tanpa kawalan di sisi gawang justru melepaskan tembakan yang masih belum mengarah tepat ke gawang (menyamping). Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki interval kedua, Madrid langsung menggebrak. Hasilnya, laga baru berjalan satu menit, El Real sukses membalikkan kedudukan lewat gol sang megabintang Cristiano Ronaldo lewat titik putih. Hadiah penalti diberikan wasit usai Kaka dijatuhkan bek muda Bilbao Ander Iturraspe di kotak terlarang. Madrid berbalik unggul 2-1.

Bilbao langsung merespon dengan menciptakan dua peluang emas. Pertama, tendangan keras striker timnas Spanyol U-21 Iker Muniain di menit ke-49 hanya menerpa sisi gawang. Sementara di menit ke-63, tendangan keras bomber muda lainnya, Oscar de Marcos dari luar kotak penalti juga masih menyamping di sisi gawang Casillas.

Di tengah upaya menyamakan kedudukan, Bilbao harus kembali kecolongan di menit ke-66. Benzema sukses memaksimalkan bola yang lepas dari kontrol Mesut Ozil yang terjatuh di kotak penalti dan melepaskan tembakan yang menhujam deras gawang Iraizoz.

Namun, gol tersebut dianulir wasit. Wasit memilih memberikan hadiah penalti kepada Madrid karena menilai Ozil lebih dulu dilanggar De Marcos yang diganjar kartu merah akibat menerima kartu kuning kedua.

Ronaldo pun kembali maji sebagai eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan baik, membawa Madrid unggul 3-1. Ini merupakan gol kedua Ronaldo di pertandingan ini atau gol ke-23nya di musim ini, sekaligus menyalip rekening gol Messi (22) dalam persaingan memburu gelar El Pichichi (top skor) musim ini.

Unggul jumlah pemain, Madrid pun kian leluasa mendominasi permainan. Sejumlah peluang berhasil mereka ciptakan. Namun, Bilbao yang diarsiteki pelatih kawakan Marcelo Bielsa tak lantas menyerah dan terus menebar ancaman lewat serangan balik cepat.

Di menit ke-75, Gonzalo Higuain yang masuk menggantikan Benzema di menit ke-67, berpeluang besar memperbesar keunggulan Madrid, setelah sukses melewati penjagaan kiper Iraizoz. Sayang, penyelesaian akhir striker Argentina ini tidak cukup apik sehingga gagal berbuah gol. Tendangannya dari sudut sempit gagal masuk ke gawang.

Madrid yang masih belum puas dengan lesakkan tiga gol, berhasil menambah keunggulannya lewat gol pemain pengganti, Jose Callejon di menit ke-86. Berawal dari serangan balik cepat, Ozil mengirim umpan kepada Higuain, dan sejurus kemudian striker Argentina melepaskan umpan terobosan ke arah Callejon yang kemudian melepaskan tembakan keras yang tak kuasa dibendung Iraizoz. Madrid pun berhasil bangkit dan meraih kemenangan 4-1.

Dengan kemenangan ini, Madrid sukses menjaga margin keunggulan lima angka dari Barcelona yang beberapa jam sebelumnya menang 4-1 atas Malaga. El Real nyaman di puncak klasemen dengan raihan 49 poin, unggul lima poin dari Barca (44) di posisi dua.

Susunan Pemain:
Real Madrid (4-2-3-1):
Casillas; Arbeloa, Ramos, Varane, Marcelo; Granero/Diarra (72’), Xabi; Ozil, Kaka/Callejon (78’), Ronaldo; Benzema/Higuain (67’)

Athletic Bilbao (4-3-3): Iraizoz; Iraola, Javi Martinez, San Jose, Amorebieta; Iturraspe, Herrera, De Marcos; Susaeta, Llorente, Muniain (acf)

Sinyal Gaitan Tolak Duo Manchester

Selasa, 24 Januari 2012 12:02 wib
Foto: Osvaldo Nicolas Fabian Gaitan (kiri)/ Getty Images

Foto: Osvaldo Nicolas Fabian Gaitan (kiri)/ Getty Images
LISBON – Tersanjung memang iya, tapi Nicolás Gaitán sepertinya tidak tergoda meski dilirik dua klub besar Premier League, Manchester City dan Manchester United. Menurut sang agen, Gaitan masih kerasan bersama Benfica dan belum mau hijrah kemana-mana.

Pernyataan tersebut, praktis mempersempit kesempatan City dan United, untuk memboyong playmaker berusia 23 tahun tersebut. Apalagi setelah sang agen, Jose Irribaran, mengakui aspirasi kliennya, untuk memberi gelar juara untuk publik Estadio da Luz.

“Target Gaitán adalah bermain sebaik mungkin untuk Benfica dan menjadi juara bersama klubnya saat ini. Di Benfica, dia bahagia,” jelas Irribaran kepada Antena 1, Selasa (24/1/2012).

“Mungkin mereka (United dan City) tertarik padanya, tapi saya rasa klub manapun juga pasti meminatinya. Bagaimanapun juga, sampai saat ini, belum ada hal nyata tentang rumornya saat ini,” tambahnya.

Gaitán saat ini menjadi salah satu pemain yang paling disorot di Portugal, dengan total 8 gol yang dia kumpulkan sejak membela Aguias di tahun 2010. Gaitan saat ini dibanderol Benfica, dengan klausul pelepasan sebesar 45 juta euro dalam kontraknya yang baru akan rampung, tahun 2016 mendatang.

Duo Manchester, memang diketahui meminati Gaitan. City butuh tenaga segar, setelah harus ditinggal sementara oleh Yaya Toure. Sementara Setan Merah, memang membutuhkan gelandang serang yang tangguh.

Bagi United, Gaitán adalah alternatif ketika transfer Wesley Sneijder mentok di tengah jalan. Bahkan, sampai-sampai United harus kembali meminta bantuan Scholes, untuk kembali ke skuad, setelah sederetan gelandangnya terkapar cedera.

Agen Anggap Rumor Transfer Berba Omong Kosong

Selasa, 24 Januari 2012 12:01 wib
Dimitar Berbatov.(foto:Daylife)

Dimitar Berbatov.(foto:Daylife)
MANCHESTER – Agen pemain Dimitar Berbatov, Emil Dantchev tidak antusias menanggapi spekulasi yang beredar soal masa depan Berba.B ahkan baginya isu transfer itu hanya omong kosong.

Berba memang kerap disebut sebagai pemain yang siap hengkang dari Old Trafford. Sebab, selama ini tidak mendapatkan kepercayaan yang dia butuhkan untuk bermain reguler.

Sebelumnya Sir Alex Ferguson seolah menutup mata melihat kontribusi Berba. Meski karakter permainannya, tidak begitu disukai, namun Berba kerap tampil menjadi solusi saat tim mengalami kebuntuan. Statistik golnya di musim lalu, cukup membuktikan bahwa Berba masih dibutuhkan tim.

Musim lalu 20 gol dilesakkannya, sedangkan di musim ini dari sembilan penampilan enam gol berhasil dipersembahkan untuk United. Mungkin ini yang membuat Fergie yang semula ingin melepasnya berubah pikiran.

“Saya tidak ingin berbicara tentang spekulasi yang muncul di media” Emil Dantchev, kepada Sovetski Sport, Selasa (24/1/2012).”Satu hal yang saya benar-benar tahu adalah transfer tidak ada dalam rencana kami,” tambahnya lagi.

Kontrak Berba di United akan selesai musim ini, dan Sir Alex Ferguson telah mengutarakan akan memberikan opsi perpanjangan kontrak bagi striker Bulgaria itu.

Pernyataan ini sebenarnya kontradiktif dengan pengakuan Carlo Ancelotti. Pelatih Paris Saint Germain ini mengaku ditawari sejumlah pemain termasuk Berbatov.

Sementara itu, Leverkusen yang sempat santer dikabarkan ingin membawa pulang mantan pemainnya itu, membantah kabar itu dan mengaku tidak tertarik dengan Berba. Sedangkan Tottenham klub lain yang disangkutpautkan dengan rumor Berbatov, tak jua memberi tawaran konkret.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s