Penyelundupan Emas

Selundupkan Emas di Bokong, 8 Pria Ditahan

Aulia Akbar
Selasa, 17 Januari 2012 12:01 wib
Ilustrasi : numbersleuth

Ilustrasi : numbersleuth
SEOUL – Pejabat Korea Selatan (Korsel) menangkap delapan orang pria yang menyelundupkan emas senilai USD250 ribu atau sekira Rp2 miliar (Rp9.167 per USD) di dalam bokongnya.

Petugas bea cukai Korsel mengatakan, kedelapan pria itu menukar emas batangan senilai Rp2 miliar ke dalam kepingan emas dan menyelundupkannya ke bokong. Mereka juga sempat melakukan hal yang sama di Jepang untuk menghindari pajak impor pada 2010 lalu. Demikian seperti diberitakan Associated Press,Selasa (17/1/2012).

Menurut pejabat Korsel, petuas bea cukai Jepang menangkap kedelapan pria itu dan langsung memberlakukan denda. Salah seorang dari delapan tersangka juga dikabarkan sempat merupakan penyelundup emas batangan dari Mongolia ke Hong Kong dengan menggunakan metode yang sama.

Saat ini, para pejabat Korsel masih mengumpulkan barang bukti di rumah para tersangka penyelundup emas itu. Para tersangka juga sudah mengakui perbuatannya setelah melontarkan beberapa sangkalan.

Peristiwa yang sama sempat terjadi lima tahun yang lalu di Sri Lanka. Seseorang menyelundupkan 300 gram emas di dalam bokongnya sendiri dan menumpangi sebuah pesawat. Dirinya langsung tertangkap oleh petugas imigrasi dan bea cukai yang menghadangnya.

Tersangka pun mengakui perbuatannya dan setelah diperiksa, terdapat 197 kalung emas yang bernilai 20 karat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s