Mengenal Mesin Berteknologi VVT-i

Mengenal Mesin Berteknologi VVT-i

detail berita

F: Mesin 1ZZ-FE with VVT-i (wikipedia)

JAKARTA – Bagi pengguna mobil lansiran Toyota tentunya sudah merasakan kehandalan mesin berteknologi Variable Valve Tuning-Intelligent (VVT-i). Ya, VVT-i kini menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991 di mesin Toyota 4A-GE 5 silinder.

Mesin yang pertama kali diperkenalkan pada 1996 ini sudah dipakai di sebagian besar mobil Toyota. Selain itu mesin ini diklaim membuat mesin lebih efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar. Lalu bagimana dengan sistem kerjanya sehingga mampu menciptakan hasil yang memuaskan.

Seperti dijabarkan wikipedia, cara kerja teknologi ini cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur air. Agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi.

Mudahnya sistem VVT-i akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung demi menghasilkan torsi optimal di setiap putaran dan beban mesin. Dengan begitu akan menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Tercatat beberapa varian Toyota yang mengadopsi teknologi VVT-i seperti Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Yaris dan sedan Toyota Vios

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s