Kapal Costa Concordia Karam

Kapal Costa Karam, Kondisi Laut Terancam

Selasa, 17 Januari 2012 13:46 wib
Costa Concordia yang karam (Foto: AP)

Costa Concordia yang karam (Foto: AP)
ROMA – Karamnya kapal Costa Concordia di Italia, menelan korban enam orang tewas dan 29 lainnya hilang. Tetapi ancaman terbaru saat ini justru dihadapkan pada kerusakan lingkungan laut sekitar.

Kondisi permukaan laut saat ini masih dalam kondisi tenang sejak proses penyelamatan dilakukan pertama kali pada Senin 16 Januari kemarin. Tetapi yang menjadi masalah saat ini adalah ancaman tumpahnya bahan bakar dari kapal pesiar yang mencapai 500 ribu galon.
Bila terjadi tumpahan bakar, tentu saja dapat mengancaman keberadaan wilayah perairan sekitar Pulau Giglio. Bahkan sebelum kecelakaan terjadi, ada desakan dari aktivis lingkungan agar pemerintah melarang kapal berukuran besar melewati wilayah perairan pulau wisata yang berada di Tuscan itu.
“Untuk saat ini belum ada kebocoran minyak yang dilaporkan. Tetapi kami harus mengatasi masalah ini secepatnya,” jelas Menteri Lingkungan Italia Corrado Clini kepada Radio Rai seperti dikutip Associated Press, Selasa (17/1/2012).
Sementara upaya pengangkatan kapal, pihak operator dari Costa Concordia yakni Costa Crociere SpA telah menyerahkannya kepada perusahaan Smit of Rotterdam. Perusahaan Belanda itu nantinya akan bertanggungjawab dalam evakuasi kapal sepanjang 290 meter tersebut.
Smit of Rotterdam juga diminta agar evakuasi kapal yang dipenuhi 4.234 penumpang saat kecelakaan berlangsung, aman dari tumpahan minyak bahan bakar Costa Concordia. Perusahaan ini memang berpengalaman dalam melakukan terhadap evakuasi kapal dan kebocoran minyak di laut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s