Siswa Perancang Pesawat J-430 Ingin Jadi Pilot TNI AU

 

Salah seorang siswa perancang pesawat Jabiru atau J-430 rakitan pelajar SMKN 12 Bandung, Sandy Wigoena (17), bercita-cita ingin menjadi pilot TNI Angkatan Udara.
Setelah lulus, dia berencana mendaftar masuk TNI AU. “Saat lulus nanti ingin ke AURI, ingin jadi pilot pesawat tempur,” kata Sandy.
Sandy merupakan satu dari 33 siswa perakit pesawat J-430. Dia mendapat tugas perakitan esuai jurusannya Konstruksi Rangka Pesawat.
“Awalnya, komponen-komponen pesawat kan terpisah-pisah. Itu harus disambungkan sesuai dengan buku panduan bikin pesawat,” tuturnya.
Sandy mengaku, pengalamannya merakit pesawat bermanfaat memberikan gambaran tentang pesawat udara. Selain itu, dia dan tim mendapat wawasan tentang pesawat udara dari para guru dan ahli pesawat dari PT Dirgantara Indonesia.
Inilah yang membuatnya bangga dan memantapkan diri terus bergelut dengan dunia penerbangan meski sudah tidak lagi bersekolah di SMKN 12.
Ketua Kopetensi Keahlian Konstruksi Rangka Pesawat Udara yang juga guru di SMKN 12, Muhammad Rifai, mengatakan sebelum merakit pesawat sendiri, ada 20 siswa yang mengikuti pelatihan dari PT DI.
Para siswa yang mengikuti pelatihan adalah siswa kelas 11 dan 12. Mereka memulai pelatihan pada semester empat. “Usai praktik di PT DI, mereka ditarik untuk merakit pesawat sendiri,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s