Sensus Pajak

104676 agus martowardojo 150x150 Sensus Pajak Targetkan 1,5 Juta WP BaruSensus Pajak – Pemerintah menyatakan untuk implementasi program sensus pajak akan difokuskan pada tiga daerah, yakni high risk building, komersial, dan pemukiman. Harapan dari sensus pajak ini ialah dapat melakukan ekstensifikasi wajib pajak yang telah ada.

Menurut Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, ekstensifikasi ini penting dilakukan. Sebab jumlah wajib pajak di Tanah Air masih tergolong rendah. Sebagai contoh wajib pajak perorangan hingga saat ini berada di kisaran 440 ribu jiwa dibandingkan keseluruhan jumlah penduduk Indonesia.

“Dan wajib pajak badan jumlahnya rendah dibandingkan badan hukum yang beralamat tetap yang seharusnya menjadi wajib pajak. Oleh karena itu jangan hanya konsentrasi pada wajib pajak yang sudah ada,” kata Agus di Jakarta, Senin malam.

Selain untuk ekstensifikasi, lanjutnya, sensus pajak ini akan digunakan sebagai momen ditjen pajak melakukan intensifikasi pada para wajib pajak. “Dengan sensus pajak sekaligus melakukan profiling dan juga pendalaman,” tuturnya.

Dilain pihak Direktur Jendral Pajak Kementerian Keuangan, Fuad Rachmany, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 1,5 juta wajib pajak baru dalam program sensus pajak ini. Nantinya seorang pegawai sensus pajak harus  mendapatkan 10 orang wajib pajak per harinya. “Ada 3.000 pekerja. Kalau satu orang 10 wajib pajak kan sudah 30 ribu,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s